PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI TERHADAP FINANCIAL LITERACY MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA ANGKATAN 2012
Abstract
Banyak sekali faktor yang mempengaruhi tingkat financial literacy mahasiswa. Dalam penelitian ini faktor yang akan diteliti berasal dari faktor demografi. Studi penelitian ini bertujuan untuk tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh indeks prestasi kumulatif, jenis kelamin, tempat tinggal, pengalaman bekerja, dan penggunaan ATM terhadap financial literacy mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Surabaya angkatan 2012 baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dengan instrumen angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial literacy mahasiswa dipengaruhi oleh faktor demografi berupa IPK dan penggunaan ATM, sedangkan faktor demografi berupa jenis kelamin, tempat tinggal dan pengalaman bekerja tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap financial literacy mahasiswa. Aspek financial literacy yang masih rendah adalah pengetahuan umum keuangan pribadi. Hasil Negelkerke R Square menunjukkan angka 29,4%. Hal ini diindikasi terdapat variabel di luar faktor demografi tersebut yang mempengaruhi financial literacy. Hasil temuan ini diharapkan dapat mendukung peningkatan financial literacy terutama untuk pengetahuan umum keuangan pribadi mahasiswa.
Kata Kunci: financial literacy, IPK, ATM, demografi.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 157