PENGEMBANGAN BUKU AJAR AKUNTANSI KAS BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI DI SMK NEGERI SE SURABAYA

  • RANATHA ARTHA OCTAVIANA

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar akuntansi kas berbasis scientific approach pada mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI di SMK Negeri Se Surabaya agar dapat meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan penguasaan konsep materi dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran materi yang bersangkutan. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap buku ajar akuntansi kas berbasis scientific approach yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan 4P yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefinisisan, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran sehingga menghasilkan buku ajar akuntansi kas berbasis scientific approach. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa rata-rata kelayakan buku ajar sebesar 83,5%. Sedangkan respon siswa diperoleh persentase sebesar 88,7%. Dengan demikian, buku ajar akuntansi kas berbasis scientific approach dinyatakan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan penguasaan konsep materi dan pemahaman siswa kelas XI di SMK Negeri Se Surabaya pada mata pelajaran akuntansi keuangan materi akuntansi kas.

Kata Kunci:  Buku ajar, Scientific Approach, Akuntansi Kas

Published
2017-08-16
How to Cite
ARTHA OCTAVIANA, R. (2017). PENGEMBANGAN BUKU AJAR AKUNTANSI KAS BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI DI SMK NEGERI SE SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21343
Section
Article
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 95