PENGEMBANGAN BUKU AJAR AKUNTANSI KAS BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI DI SMK NEGERI SE SURABAYA
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar akuntansi kas berbasis scientific approach pada mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI di SMK Negeri Se Surabaya agar dapat meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan penguasaan konsep materi dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran materi yang bersangkutan. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap buku ajar akuntansi kas berbasis scientific approach yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan 4P yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefinisisan, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran sehingga menghasilkan buku ajar akuntansi kas berbasis scientific approach. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa rata-rata kelayakan buku ajar sebesar 83,5%. Sedangkan respon siswa diperoleh persentase sebesar 88,7%. Dengan demikian, buku ajar akuntansi kas berbasis scientific approach dinyatakan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan penguasaan konsep materi dan pemahaman siswa kelas XI di SMK Negeri Se Surabaya pada mata pelajaran akuntansi keuangan materi akuntansi kas.
Kata Kunci: Buku ajar, Scientific Approach, Akuntansi Kas
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 95