PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA, PENGALAMAN BEKERJA DAN PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI TERHADAP LITERASI KEUANGAN

  • ALFIN SHALAHUDDINTA

Abstract

Memasuki era globalisasi saat ini, permasalahan ekonomi yang kompleks menuntut manusia terus berusaha mencari solusi untuk memenuhi kebutuhan. Berbagai jenis produk dan jasa yang ditawarkan oleh pasar semakin meningkat. Fenomena yang terjadi di kalangan remaja khususnya mahasiswa yaitu perilaku boros dan konsumtif. Mereka kurang memahami pengelolaan keuangan sehingga menyebabkan para mahasiswa menjadi sasaran utama bagi bermacam-macam bisnis yang ada di Kota Surabaya. Oleh karena itu mereka membutuhkan suatu pengetahuan dasar mengenai keuangan yang disebut literasi keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) pengaruh pendidikan keuangan di keluarga terhadap literasi keuangan mahasiswa, (2) pengaruh pengalaman bekerja terhadap literasi keuangan mahasiswa, (3) pengaruh pembelajaran di perguruan tinggi terhadap literasi keuangan mahasiswa, dan (4) pengaruh pendidikan keuangan di keluarga, pengalaman bekerja dan pembelajaran di perguruan tinggi secara bersama-sama terhadap literasi keuangan mahasiswa.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya dengan sampel berjumlah 40 mahasiswa. Pengumpulan data  menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendidikan keuangan di keluarga memiliki pengaruh terhadap literasi keuangan mahasiswa, (2) pengalaman bekerja memiliki pengaruh terhadap literasi keuangan mahasiswa, (3) pembelajaran di perguruan tinggi memiliki pengaruh terhadap literasi keuangan mahasiswa, dan (4) pengaruh pendidikan keuangan di keluarga, pengalaman bekerja dan pembelajaran di perguruan tinggi bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap literasi keuangan mahasiswa.

 

Kata kunci: literasi keuangan, pendidikan keuangan di keluarga, pengalaman bekerja, pembelajaran di perguruan tinggi.

Published
2014-08-21
How to Cite
SHALAHUDDINTA, A. (2014). PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA, PENGALAMAN BEKERJA DAN PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI TERHADAP LITERASI KEUANGAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9134
Section
Article
Abstract Views: 1164
PDF Downloads: 1537