ANALISIS PENGGUNAAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PURI MOJOKERTO
Abstract
Rendahnya pendidikan di Indonesia ini disebabkan banyak masalah – masalah yang terjadi seperti kualitas, sarana prasarana model pembelajaran dan bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan ajar merupakan seperangkat materi pelajaran yang disusun secara sistematis dan bersifat mandiri yang mengacu pada kurikulum yang digunakan sehingga tercipta sumber belajar berupa buku ajar atau teks yang dapat digunakan siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran akuntansi di kelas XI IPS dan alasan guru menggunakan bahan ajar tersebut, Selain itu juga untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran akuntansi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Sedangkan obyek penelitian ini adalah bahan ajar yang digunakan pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Tekinik pengumpulan data pada penelitian menggunakan kuesioner atau angket lembar telaah ahli dan wawancara langsung dengan guru akuntansi . jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder. Instrument yang digunakan wawancara dan angket lembar telaah ahli.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa bahan ajar yang digunakan di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto adalah bahan ajar cetak berupa LKS “PR Ekonomi ”. Hasil telaah ahli bahan ajar menyatakan bahwa LKS “PR Ekonomi ” dalam kategori layak dengan skor 72,72%. Karena telah memenuhi empat kriteria yaitu, kelayakan isi, penyajian bahasa dan kegrafikan.
Kata kunci : Bahan ajar, Buku teks
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 298