ANALISIS PENGGUNAAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN EKONOMI  MATERI AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PURI MOJOKERTO

  • RIA ENES

Abstract

Rendahnya pendidikan di Indonesia ini disebabkan banyak masalah – masalah yang terjadi seperti kualitas, sarana prasarana model pembelajaran dan bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan ajar merupakan seperangkat materi pelajaran yang disusun secara sistematis dan bersifat mandiri yang mengacu pada kurikulum yang digunakan sehingga tercipta sumber belajar berupa buku ajar atau teks yang dapat digunakan siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran akuntansi di kelas XI IPS dan alasan guru menggunakan bahan ajar tersebut, Selain itu juga untuk mengetahui kelayakan bahan ajar  yang digunakan pada pembelajaran akuntansi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Sedangkan obyek penelitian ini adalah bahan ajar yang digunakan pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Tekinik pengumpulan data pada penelitian menggunakan kuesioner atau angket lembar telaah ahli dan wawancara langsung dengan guru akuntansi . jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder. Instrument yang digunakan wawancara dan angket lembar telaah ahli.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa bahan ajar yang digunakan di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto adalah bahan ajar cetak berupa LKS “PR Ekonomi ”.   Hasil telaah ahli bahan ajar menyatakan bahwa LKS “PR Ekonomi ” dalam kategori layak dengan skor 72,72%. Karena telah  memenuhi empat kriteria yaitu, kelayakan isi, penyajian bahasa dan kegrafikan.

 

Kata kunci : Bahan ajar, Buku teks

Published
2014-08-26
How to Cite
ENES, R. (2014). ANALISIS PENGGUNAAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN EKONOMI  MATERI AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PURI MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9492
Section
Article
Abstract Views: 110
PDF Downloads: 298