PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan
pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
Ekonomi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya baik secara parsial
maupun secara simultan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif,
sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya
yang berjumlah 95 orang siswa dengan sampel 76 orang siswa. Teknik analisis data
yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis
yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada
pengaruh secara parsial antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Dapat
dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,103077 lebih
besar dari ttabel sebesar 1,99254. Sedangkan, pemanfaatan fasilitas belajar secara
parsial tidak terpengaruh terhadap prestasi belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis
data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 0,571562 lebih kecil dari ttabel sebesar
1,99254. Secara simultan ada pengaruh antara motivasi belajar dan pemanfaatan
fasilitas belajar terhadap prestasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang
menunjukkan nilai Fhitung sebesar 3,974306 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,12.
Kata kunci : motivasi belajar, pemanfaatan fasilitas belajar dan prestasi belajar
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 13160