MANAJEMEN KRISIS HUMAS UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DALAM MENGATASI KASUS PELECEHAN SEKSUAL
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.71922Keywords:
Humas, Manajemen Krisis, Pelecehan Seksual, SCCTAbstract
Krisis yang terjadi di lingkungan perguruan tinggi, seperti kasus pelecehan seksual, dapat mengancam reputasi institusi jika tidak ditangani dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana strategi manajemen krisis yang dilakukan oleh Humas Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dalam menangani kasus pelecehan seksual yang terjadi pada tahun 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas UNESA menerapkan manajemen krisis melalui lima tahap: identifikasi masalah, persiapan, respon, pemulihan, dan pembelajaran pascakrisis. Strategi komunikasi yang diterapkan menitikberatkan pada transparansi informasi, empati terhadap korban, serta koordinasi lintas unit, terutama dengan Satgas PPKS. Teori yang digunakan dalam analisis adalah Situational Crisis Communication Theory (SCCT), yang menyesuaikan strategi komunikasi berdasarkan atribusi tanggung jawab publik terhadap organisasi. Penanganan dilakukan melalui press release, konferensi pers, dan publikasi tindakan institusional yang mendukung korban.
Downloads
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Pert). Syakir Media Press.
Akhyar, D. M., & Pratiwi, A. S. (2019). Media Sosial dan Komunikasi Krisis : Pelajaran dari Industri Telekomunikasi di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi ULTIMACOMM, 11(1), 35–52.
Arfani, F., & Irawan, W. (2022). Unesa selidiki dugaan kekerasan seksual oleh dosen. Antara News.Com. https://www.antaranews.com/berita/2634781/unesa-selidiki-dugaan-kekerasan-seksual-oleh-dosen
Arinanda, T. T., Komunikasi, F., Proses, F., & Masalah, P. (2018). PERAN HUMAS PT . RINJANI KARTANEGARA DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM CSR ( CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY ) DI DESA BAKUNGAN KUTAI. 6(1), 203–215.
Aritonang, A. W. (2019). STRATEGI MANAJEMEN ISU HUMAS UNIVERSITAS GADJAH MADA DAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN DALAM MENGHADAPI ISU NEGATIF.
Coombs, W. T. (2007). Protecting Organization Reputations During a Crisis: The Development and Application of Situational Crisis Communication Theory. Corporate Reputation Review, 10(3), 163–176. https://doi.org/10.1057/palgrave.crr.1550049
Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2009). Effective Public Relations. Pearson Education.
Ersa, L. F., Akbar, M., & Sultan, M. I. (2024). Analisis Manajemen Krisis Dalam Public Relations: Kasus Pemasangan Kamera Tersembunyi Di Uin Alauddin Makassar. Jurnal Ilmu …, 9(3). http://jurnalilmukomunikasi.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/254%0Ahttps://jurnalilmukomunikasi.uho.ac.id/index.php/journal/article/download/254/156
Ihsan, D. (2022). Unesa Sikapi Kasus Dosen Hukum yang Jadi Pelaku Kekerasan Seksual. Kompas.Com. https://www.kompas.com/edu/read/2022/01/11/163002571/unesa-sikapi-kasus-dosen-hukum-yang-jadi-pelaku-kekerasan-seksual#:~:text=KOMPAS.com - Universitas Negeri Surabaya ( Unesa)
Kriyantono, R. (2014). Teori - Teori Public Relation Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. KENCANA.
Kriyantono, R. (2015). PUBLIC RELATIONS, ISSUE & CRISIS MANAGEMENT : Pendekatan Critical Public Relations, Etnogrfi Kritis & Kualitatif. Prenanda Media Group.
Martha, S., Roem, El. R., & Sarmiati. (2023). Strategi Komunikasi Public Relations Dalam Mengatasi Isu Negatif Pada Penerimaan KIP-K. Ilmu Administrasi Dan Sosial, 12(1), 42–50.
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Pert). Harfa Creative.
Ningsih, A. S., & Dewi, P. A. R. (2021). Manajemen krisis humas Universitas Negeri Surabaya dalam menangani kasus bullying PKKMB online Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Commercium, 04(02), 172–182. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/41938
Pudjiastuti, S. R. (2019). Penelitian Pendidikan (Edisi Pert). Graha Ilmu.
Ruhansih, D. S. (2017). EFEKTIVITAS STRATEGI BIMBINGAN TEISTIK UNTUK PENGEMBANGAN RELIGIUSITAS REMAJA (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Nugraha Bandung Tahun Ajaran 2014/2015). QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Segarwati, Y., & Rakhmaniar, A. (2021). Strategi Humas Pemerintah Kota Bandung dalam Menangani Krisis Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(2), 119–128. https://doi.org/10.33366/jkn.v3i2.79
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryani, I., & Sagiyanto, A. (2018). Strategi Manajemen Krisis Public Relations PT Blue Bird Group. Communication, 9(1), 103. https://doi.org/10.36080/comm.v9i1.624
Yulianti, W., & Boer, R. F. (2020). Manajemen krisis public relations dalam menangani penolakan imunisasi measles rubella. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 4(2), 290. https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.23700
Zaxrie, S. A., Rina, N., Thoibah, S., Putri, K., & Sosial, M. (2024). PERAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SALURAN KOMUNIKASI DIGITAL DALAM KEHUMASAN THE ROLE OF SOCIAL MEDIA AS A DIGITAL. 3(1), 26–39.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). The type of descriptive research in communication study. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.
Zulkhairi, Z., Arneliwati, A., & Nurchayati, S. (2019). Studi Deskriptif Kualitatif: Persepsi Remaja Terhadap Perilaku Menyimpang. Jurnal Ners Indonesia, 9(1), 145. https://doi.org/10.31258/jni.8.2.145-157
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

