PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DENGAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KONSUMSI JAJANAN SEHAT PADA SISWA SDN 148 GRESIK

Authors

  • Alfianty Aprillya Balisari Putri Gizi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan

Keywords:

Pengetahuan, Sikap, Jajanan Sehat, Video Animasi dengan Teka-Teki Silang, Anak Sekolah Dasar

Abstract

Jajanan sehat merupakan jajanan yang bergizi dan tidak mengandung zat berbahaya bagi tubuh yang seharusnya dikonsumsi oleh anak-anak. Namun, jajanan tidak sehat masih menjadi pilihan menarik bagi siswa SD karena pengetahuan dan sikap tentang jajanan yang masih rendah. Diperlukan pendidikan gizi menggunakan media yang sesuai dengan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi dengan teka-teki silang terhadap pengetahuan dan sikap konsumsi jajanan sehat pada siswa SDN 148 Gresik. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan pretest posttest nonequivalent case control group design. Jumlah sampel sebanyak 60 siswa yang ditetapkan dengan metode purposive sampling. Kelompok eksperimen diberi intervensi menggunakan video animasi dengan teka-teki silang dan kelompok kontrol diberi intervensi menggunakan poster. Analisis data dilakukan dengan uji statistik Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi dengan teka-teki silang berpengaruh terhadap penguasaan pengetahuan dan perubahan sikap tentang konsumsi jajanan sehat pada siswa kelas 3 SDN 148 Gresik. Kemudian dilakukan uji Mann Whitney untuk mengetahui media yang lebih unggul, dan didapatkan hasil bahwa media video animasi dengan teka-teki silang lebih unggul dalam memberikan pengaruh terhadap penguasaan pengetahuan siswa tentang konsumsi jajanan sehat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani, & wirjatmadi. (2012). Keamanan Makanan Jajanan. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Bondika. (2011). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Makanan Jajanan. http://eprints.undip.ac.id/32606/1/403_Bondika_Ariandani_aprillia_G2C007016

Gina, Herdiani, dan W. (2019). Pengaruh Pengembangan

Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Peningkatan Pengetahuan Sarapan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar. Repository Poltekkes Jogja. eprints.poltekkesjogja.ac.id

Mahmudah. (2019). Pengaruh Media Teka-Teki Silang Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar. Ilmu Gizi Indonesia, 2. ilgi.respati.ac.id

Notoatmojo, S. (2003). Promosi Kesehatan?: Teori dan Aplikasi. PT. Rineka Cipta

Safriana. (2012). Perilaku Memilih Jajanan Pada Siswa Sekolah Dasar di SDN Garot Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. http://lib.ui.ac.id/file=digital/20314062-S_Safriana.pdf

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. library.poltekkesjambi.ac.id

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Penerbit Alfabetha.

WHO. (2006). WHO Consultation to Develop a Strategy to Estimate the Global Burden of Foodborne Disease.

World Health Organization. https://www.who.int.foodsafety/publications/foodborne_disease/fbd_2006.pdf

Winarno. (1993). Laporan Akhir Proyek Makanan Jajanan. Institut Pertanian Bogor.

Published

2023-10-23

How to Cite

Balisari Putri, A. A. (2023) “PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DENGAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KONSUMSI JAJANAN SEHAT PADA SISWA SDN 148 GRESIK”, Jurnal Gizi dan Kesehatan Nusantara, 3(3). Available at: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/GIZIUNESA/article/view/56444 (Accessed: 22 August 2025).
Abstract views: 328 , PDF Downloads: 188