The Hubungan Jumlah Uang Saku, Pengetahuan, Dan Sikap Dalam Memilih Makanan Jajanan Dengan Konsumsi Makanan Jajanan Pada Siswa Kelas 4-6 UPT SDN 154 Gresik
Kata Kunci:
Anak usia sekolah, Konsumsi Makanan Jajanan, Jumlah Uang Saku, Pengetahuan, SikapAbstrak
Jajanan merupakan makanan yang familier di kalangan anak usia sekolah. Dalam sehari anak menghabiskan sekitar seperempat waktunya di sekolah, sehingga orang tua memberi mereka uang jajan setiap hari. Besar kecilnya uang jajan yang dimiliki anak di sekolah mempengaruhi kemampuan mereka untuk membeli makanan. Saat ini jajanan sangat beragam sehingga anak-anak usia sekolahpun tertarik untuk mengonsumsinya. Seringkali mereka terkena dampak negatif dari makanan jajanan yang tidak memenuhi syarat saat di sekolah karena belum mempunyai pemahaman yang cukup untuk mengenali jajanan yang aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan jumlah uang saku, pengetahuan, dan sikap dalam memilih jajanan dengan konsumsi makanan jajanan pada siswa kelas 4-6 UPT SDN 154 Gresik. Metode yang digunakan dlam penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Sampel berjumlah 64 siswa diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis data menggunakan uji korelasi Rank Spearman diketahui tidak terdapat hubungan antara jumlah uang saku dengan konsumsi makanan jajanan pada siswa kelas 4-6 UPT SDN 154 Gresik (p=0,054). Terdapat hubungan antara sikap mengenai pemilihan makanan jajanan dengan konsumsi makanan jajanan pada siswa kelas 4-6 UPT SDN 154 Gresik (p=0,023). Sedangkan analisis data menggunakan uji korelasi Chi Square diketahui terdapat hubungan antara pengetahuan mengenai pemilihan makanan jajanan dengan konsumsi makanan jajanan pada siswa kelas 4-6 UPT SDN 154 Gresik (p=0,017).
Unduhan
Referensi
Al Rahmad, A. H. (2019) ‘Keterkaitan Asupan Makanan dan Sedentari dengan Kejadian Obesitas Pada Anak Sekolah Da sar di Kota Banda Aceh’, Buletin Penelitian Kesehatan, 47(1), pp. 67–76.
Anggiruling, D. O., Ekayanti, I. dan Khomsan, A. (2019) ‘Factors Analysis of Snack Choice, Nutrition Contribution and Nutritional Status of Primary School Children’, Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 15(1), pp. 81–90. doi: 10.30597/mkmi.v15i1.5914.
Amalia, L., Endro, O. P. and Damanik, R. M. (2016) ‘Preferensi Dan Frekuensi Konsumsi Makanan Jajanan Pada Anak Sekolah Dasar Di Kecamatan Cijeruk,Kabupaten Bogor’, Jurnal Gizi dan Pangan, 7(2), p. 119. doi: 10.25182/jgp.2012.7.2.119-126.
Ardianti, I. (2018). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Tentang Jajanan Sehat Dengan Perilaku Konsumsi Jajanan Sehat Di Sdn Kadipaten 03 Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Ilmu Kesehatan MAKIA, 6(1), 8–13. https://doi.org/10.37413/jmakia.v6i1.15.
Arisdanni, H. and Buanasita, A. (2018) ‘Hubungan Peran Teman, Peran Orang Tua, Besaran Uang Saku dan Persepsi Terhadap Jajanan Dengan Kejadian Gizi Lebih Pada Anak Sekolah (Studi di SD Negeri Ploso 1/172 Kecamatan Tambaksari Surabaya Tahun 2017)’, Amerta Nutrition, 2(2), p. 189. doi: 10.20473/amnt.v2i2.2018.189-196.
Azwar, Saifuddin, Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya, Edisi Kedu (Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar, 2012).
Chariswan, A. (2020) ‘Gambaran Pengetahuan Tentang Jajanan Sehat Pada Anak Kelas 5 di SDN 01 Kemantren Kecamatan Jabung’. Poltekkes RS dr. Soepraoen.
Damayanti, A. Y. et al. (2020) ‘Hubungan Asupan Makronutrien dan uang saku dengan status gizi anak sekolah dasar’, Jurnal Gizi Prima (Prime Nutrition Journal), 5(1), pp. 57–64.
Damayanti, S. (2025) ‘Analisis faktor yang mempengaruhi pemilihan makanan jajanan pada remaja 1’, 3(1).
Febriyanto, M. A. B. (2016) ‘Hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku konsumsi jajanan sehat di MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang’. Universitas Airlangga.
Fitriani, Neng Lia, Septian A. (2015). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Anak Usia Sekolah Akhir (10-12 Tahun) Tentang Makanan Jajanan Di SD N II Tagog Apu Padalarang Kabupaten Bandung Barat, Jurnal Keperawatan, 1-9.
Iklima N. (2017) Gambaran Pemilihan Makanan Jajanan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Keperawatan BSI. 5(1):8-17.
Indrayana, L. I., Indraswari, R., & Widjanarko, B. (2021). Gambaran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Pemilihan Jajan Siswa Pada Kantin Sehat Sdn Sendangmulyo 04 Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 9(3), 326–330. https://doi.org/10.14710/jkm.v9i3.29285.
Januariana, N. E., Ramadhani, S. dan Chaisyah, R. (2024) ‘Pemilihan Makanan Jajanan pada Siswa Kelas V di MIS Al Hidayah Desa Muliorejo’, Journal of Andalas Medica, 2(1), pp. 1–10.
Khomsan, A. (2022). Perubahan Perilaku Gizi. Bogor: IPB Press.
Laenggeng AH, Lumalang Y. (2015). Hubungan Pengetahuan Gizi dan Sikap Memilih Makanan Jajanan dengan Status Gizi Siswa SMP Negeri 1 Palu. Healthy Tadulako Journal
Martony, O., Alfira, A. dan Eliska, E. (2020) ‘Pengetahuan dan Sikap Anak tentang Makanan Jajanan Sehat melalui Permainan Ular Tangga’, Jurnal Keperawatan Silampari, 4(1), pp. 11–19. doi: 10.31539/jks.v4i1.1449.
Riani, Syafriani dan Syahrial (2019) ‘Pengaruh Kreasi Singkong Sebagai Pangan Jajanan Anak Sekolah Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Energi dan Zat Gizi Anak Sekolah Dasar Kabupaten Kampar Tahun 2019’, Jurnal NERS, 3(1), pp. 13–21.
Riskesdas (2018) Laporan Provinsi Jawa Timur RISKESDAS 2018, Kementerian Kesehatan RI.
Rohmatillah dan Saputri, A. (2019) ‘Hubungan Pengetahuan Dan Perilaku Konsumsi Jajanan Dengan Kejadian Diare Pada Siswa Sdn Ciputat.
Sabani, F. (2019) ‘Perkembangan Anak-Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun)’, Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), pp. 89–100.
Swarjana, I. K. (2022). Konsep Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Persepsi Stres, Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan. Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan Kesehatan. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Trisnayanti, L. G. F. (2019) ‘Perbedaan Asupan Energi Dan Protein Makanan Jajanan Berdasarkan Tingkat Pengetahuan Dan Uang Saku Anak Sekolah Dasar Negeri 6 Gianyar’. Poltekkes Denpasar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

