Rancang Bangun AMF-ATS Berbasis SIM800L dengan Fungsi Monitoring Status Switching pada Genset

  • SAHAT MARTUA PARULIAN PAKPAHAN
  • ACHMAD IMAM AGUNG

Abstract

AMF-ATS merupakan alat yang berfungsi untuk memindahkan sumber tegangan listrik ke sumber tegangan listrik lainnya. Genset contohnya tidak secara otomatis menyala saat sumber tegangan listrik mati, sehingga kerugian akibat hilangkan sumber tegangan listrik tidak dapat dihindari. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan alat AMF-ATS dan untuk mengetahui sensitivitas sistem saat salah satu sumber tegangan listrik padam.

Alat ini juga dibekali Modul GSM SIM800L yang berguna sebagai monitoring jarak jauh bila terjadi pemindahan sumber tegangan listrik dan untuk mempermudah kerja operator. Dibutuhkan waktu 4 detik hingga Genset mencapai tegangan nominalnya sebesar 250 V. Alat ini diatur mempunyai kapasitas maksimum beban yang dapat di suplai sehingga tidak membahayakan Genset itu sendiri. Penelitian ini, menggunakan metode pendekatan penelitian Eksperimen. Penelitian eksperimen dapat dikatakan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Alat AMF-ATS berhasil dibuat. AMF mampu mematikan Genset saat beban melebihi kapasitas yang sudah ditentukan sehingga mampu mengamankan Genset dari kerusakan. Sedangkan untuk ATS alat mampu memindahkan secara otomatis sumber tegangan listrik ke sumber tegangan listrik lainnya. Secara otomatis fungsi monitoring alat juga berhasil, alat mampu mengirimkan SMS berupa nominal Tegangan, arus dan Sumber tegangan yang sedang dipakai menuju operator.

Kata Kunci: Automatic Main Failure(AMF), Automatic Transfer Switch(ATS), Global System for

Mobile Communication (GSM), Mikrokontroler ,Perpindahan sumber.





Published
2018-10-16
How to Cite
MARTUA PARULIAN PAKPAHAN, S., & IMAM AGUNG, A. (2018). Rancang Bangun AMF-ATS Berbasis SIM800L dengan Fungsi Monitoring Status Switching pada Genset. JURNAL TEKNIK ELEKTRO, 8(1). https://doi.org/10.26740/jte.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 415
PDF Downloads: 815