Desain dan Analisis Sistem Suspensi Aktif Model Seperempat Kendaraan Dengan Metode Hybrid PID-Fuzzy

  • Dewi Oktavia Prasetya Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Syariffuddien Zuhrie Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Suprianto Universitas Negeri Surabaya
  • Endryansyah Endryansyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dewasa ini kemajuan teknologi otomotif cukup pesat, salah satunya pada sistem suspensi untuk memberikan dampak kenyamanan serta keamanan pengendara atau penumpang kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda empat. Suspensi merupakan mekanisme yang terletakdiantara chassis (rangka mobil) dan roda, berfungsi untuk menopang chassis yang digunakan untuk mengurangi getaran atau guncangan yang diakibatkan oleh kontur alan yang tidak merata dan bergelomang. Artikel ini bertujuan untuk mendemonstrasikan penerapan tiga teknik kontrol yang berbeda, yaitu Proportional Integral Derivative (PID), Fuzzy Logic Control dan pengontrol hybrid PID-Fuzzy untuk mengevaluasi dan mengontrol defleksi yang terjadi pada system mobil suspensi aktif. Kontrol pada sistem diperlukan untuk memberikan kinerja suspensi yang diinginkan dan karakteristik seperti kenyamanan dan keamanan penumpang, serta defleksi suspensi. Sistem kontrol ini dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak MATLAB 2015 untuk melakukan pengujian operasional dengan data sekunder sebagai acuan parameter untuk komponen tersebut yang terdiri dari tiga bagian: sinyal input (gaya aktuator dan gangguan jalan), Pengendali, dan model sistem suspensi. Hasil simulasi menunjukkan perbandingan antara sistem suspensi yang tidak menggunakan kontrol dan sistem suspensi dengan pengontrol berbasis PID, Fuzzy, dan hybrid PID-Fuzzy. Berdasarkan hasil simulasi, kinerja kendali hybrid PID-fuzzy dapat mempercepat peningkatan waktu naik dan waktu transien dengan nilai rise time = 0.4 detik, settling time = 2.5detik, time peak = 0.3 detik, max overshoot = 0.4 %, error steady state = 0.0001%. Pada penelitian ini di dapatkan hasil respon dari kontrol hybrid PID-Fuzzy lebih baik dari kendli PID dan Fuzzy

Kata Kunci: Seperempat Kendaraan, Sistem Suspensi Aktif, Hybrid PID-Fuzzy

Published
2022-07-20
How to Cite
Prasetya, D., Zuhrie, M., Suprianto, B., & Endryansyah, E. (2022). Desain dan Analisis Sistem Suspensi Aktif Model Seperempat Kendaraan Dengan Metode Hybrid PID-Fuzzy. JURNAL TEKNIK ELEKTRO, 11(2), 343-350. https://doi.org/10.26740/jte.v11n2.p343-350
Section
Vol 11 No 2 (2022): MEI 2022
Abstract Views: 282
PDF Downloads: 214