IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER TARI MAYANG MADU DALAM PEMBELAJARAN IPS SMP NEGERI 4 LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/penips.v2i2.48726Keywords:
Keywords: character education, local wisdom of the mayang honey dance, social studies pedagogy.Abstract
Abstrak
Penelitian ini berangkat dari berkurangnya nilai-nilai karakter pada peserta didik, dimana peserta didik mulai mengikuti kebudayaan barat. Dengan adanya penelitan ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan kesenian kebudayaan lokal Lamongan dan karakter yang baik kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan teori belajar sosiokultural vygotsky dengan cara mengintegrasikan pendidikan karakter yang berwawasan sosial budaya berbasis kearifan dan keunggulan Lamongan kedalam materi pelajaran yang relevan. Tujuan riset ini menggunakan metode kualitatif, tahapan-tahapan metode ini meliputi pendekatan kualitatif dengan studi kasus, pada penelitian ini lokasi yang menjadi tempat pengambilan data yaitu SMP Negeri 4 Lamongan, subjek yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah murid SMP Negeri 4 Lamongan, penelitian telah dilaksanakan pada Tanggal 23 Maret-25 Mei 2022,data yang telah di perolah dari lapangan berupa dokumentasi,observasi,dan wawancara. Data penelitian yang akan disajikan meliputi kegiatan pelaksanaan penanaman karakter saat Pembelajaran berlangsung dan kegiatan saat berada di lingkungan sekolah. Teknik keabsahan data yang di gunakan berupa Kualitatif,keabsahan data kualitatif di bagi menjadi tiga yaitu uji kredibilitas,uji dependibilitas,dan uji objektivitas. Analisis data kualitatif menurut pendapat ahli Miles dan Hilberman yaitu menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian di lapangan menunujukkan bahwa Kearifan lokal kesenian tari mayang madu Lamongan memiliki makna filosofis religius dan tanggung jawab. Dua nilai yang dapat di angkat dalam tarian mayang madu yang kemudian diiimplementasikan kedalam pembelajaran IPS.
Kata Kunci: pendidikan karakter, kearifan lokal tari mayang madu lamongan, pedagogik IPS.