Pengaruh Regulasi Diri Dan Prokrastinasi Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Pengenalan Lapangan Persekolahan Tahun 2022

  • Devina Putri Sekarasih Unesa
  • Riyadi Riyadi
  • Muhammad Marzuqi
  • Hendri Prastiyono
Keywords: Regulasi Diri, Prokrastinasi, Hasil Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh regulasi diri dan prokrastinasi terhadap hasil belajar IPS kelas VIII-2 di SMP Negeri 5 Sidoarjo pada pengenalan lapangan persekolahan tahun 2022. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain one shot case study. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VIII-2 berjumlah 33 siswa menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data diperoleh dari angket persepsi siswa dan tes individu berupa UH 1 dan UH 2 yang diambil secara ex-post facto. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji regresi linier sederhana dan berganda serta pearson product moment dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan regulasi diri pada siswa kelas VIII-2 termasuk dalam kriteria kurang dengan rata-rata presentase sebesar 47% dan tingkat prokrastinasi yang dilakukan siswa kelas VIII-2 termasuk dalam kriteria tinggi dengan rata-rata presentase sebesar 61%. Adapun nilai hasil belajar IPS siswa kelas VIII-2 yang termasuk dalam kriteria (D) yaitu kurang baik, karena rata-rata nilai satu kelas hanya mencapai angka 64. Hasil analisis regresi linier sederhana  dapat dilihat nilai R Square sebesar 0.301 untuk variabel X₁ terhadap Y. Artinya regulasi diri berpengaruh sebesar 30% terhadap hasil belajar IPS. Kedua dapat dilihat dari nilai R Square sebesar 0.072 untuk variabel X₂ terhadap Y. Artinya prokrastinasi berpengaruh sebesar 7% terhadap hasil belajar IPS dan hasil analisis regresi linier berganda dapat dilihat dari nilai R Square sebesar 0.317 untuk variabel X₁ dan X₂ terhadap Y. Artinya regulasi diri dan prokrastinasi secara bersama-sama berpengaruh sebesar 31,7% terhadap hasil belajar IPS.

References

Asrin, A. (2022). Metode Penelitian Eksperimen. Jurnal Maqasiduna: Ilmu Humaniora, Pendidikan & Ilmu Sosial, 2(1), 1–9. https://journal.mukhlisina.id/index.php/maqasiduna/article/view/24/15
Asyrifah Zaini Wahdah, & Putri Nur Malasari. (2022). Studi Ex Post Facto: Apakah Kecerdasan Emosional Berkontribusi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa? Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 123–138. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4093
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.
Friskilia, O., & Winata, H. (2018). Regulasi Diri (Pengaturan Diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 184. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9454
Harahap, P. I. (2021). Hubungan Regulasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa di SMAN 1 Sunggal. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 3(2), 196–219. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v3i2.667
Hariati, F. (2022). Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Jambi ISSN. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(2), 391–395. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.
Hastuti, R., Rahman, U., & Muchlisah. (2019). Pengaruh Regulasi Diri (Self Regulation) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Peserta Didik Kelas XI Mia Man 1 Bulukumba. Jurnal Al-Ahya V, 1(1), 42–52. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alahya/article/view/8074
Juliawati, D., & Yandri, H. (2018). Prokrastinasi Akademik Mahasantri Ma’had Al Jami’ah IAIN Kerinci. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 19–26. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/fokus/article/view/485
Khairunisa, K., Yusuf, A. M., & Firman, F. (2022). Implementasi Teknik Self Management Untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa S1. Jurnal Mahasiswa BK An …, 8, 85–96. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/7110%0Ahttps://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/download/7110/3841
Khusnuddin, K. (2018). Model Spreadsheet Excel Aplication sebagai Pengolahan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Penilaian Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(1), 33–52. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1695
Lubis, I. S. L. (2018). Hubungan Regulasi Diri dalam Belajar dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa The Relationship of Self Regulated Learning and Self Efficacy with Student’s Academic Procrastination. Jurnal Diversita Available, 4(2), 90–98.
Mandasari, E., & Ihsan, M. (2020). Hubungan Antara Konsep Diri dan Regulasi Diri terhadap Tingkat Prokrastinasi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 8(01), 133–150. https://doi.org/10.24952/di.v8i01.2707
Mubin, M. N., Ikhasan, B. M. N., & Putro, K. Z. (2021). Pendekatan Kognitif-Sosial Perspektif Albert Bandura pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edureligia, 05(01), 92–103.
Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868
Nurjan, S. (2020). Analisis Teoritik Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(1), 61. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i1.2586
Prasetyana, Z., & Mariyati, L. I. (2020). Hubungan Antara Religiusitas Dengan Regulasi Diri Pada Santri Madrasah Diniyah Di Sidoarjo. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 2(2), 76–86. https://doi.org/10.36269/psyche.v2i2.240
Rochillah, A., & Khoirunnisa, R. N. (2020). Hubungan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa sma kelas xi sunan giri gresik. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 7(1), 1–6. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/31997
Sedyawati, S. (2021). Hubungan Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 861–866. https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p861-866
Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pembelajaran di Mi). Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 94–111. https://doi.org/10.36835/au.v1i2.235
Zuraida. (2017). Hubungan prokastinasi akademik dengan prestasi belajar pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas Potensi Utama. Kognisi Jurnal, 2(1), 30–41.
Published
2023-08-31
How to Cite
Sekarasih, D., Riyadi, R., Marzuqi, M., & Prastiyono, H. (2023). Pengaruh Regulasi Diri Dan Prokrastinasi Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Pengenalan Lapangan Persekolahan Tahun 2022. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(2), 39-52. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/52813
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 53