Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantu Media Mind Mapping Berbasis Mindomo Terhadap Hasil Belajar IPS

  • Salsa Anindya Universitas Negeri Surabaya
  • Riyadi Riyadi Universitas Negeri Surabaya
  • Niswatin Niswatin Universitas Negeri Surabaya
  • Kusnul Khotimah Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pengaruh, Circuit Learning, Hasil Belajar

Abstract

Fenomena pandemi Covid-19 yang mengharuskan peserta didik untuk melakukan pembelajaran dalam jaringan di rumah masing-masing, kemudian menimbulkan suatu permasalahan berupa adanya habituasi gawai pada peserta didik. Dampak dari permasalahan tersebut ialah peserta didik terbiasa dengan pembelajaran berbantu gawai. Berdasar permasalahan tersebut, maka terdapat urgensi untuk menciptakan pembelajaran berkualitas dengan berbantu teknologi. Melalui pengimplementasian model pembelajaran circuit learning berbantu media mind mapping berbasis mindomo, diharapkan mampu memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh dan besaran pengaruh dari model pembelajaran circuit learning berbantu media mind mapping berbasis Mindomo terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IX. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh kelas IX di SMPN 2 Sidoarjo dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yakni menentukan satu kelas yang akan dijadikan sebagai kelas penelitian atas dasar pertimbangan tertentu yaitu nilai rerata ujian dan saran dari guru mata pelajaran IPS, maka peneliti mengambil sampel pada kelas IX-G yang berjumlah 34 siswa. Berdasar analisis uji hipótesis kedua instrumen yakni angket respon peserta didik dan tes hasil belajar menggunakan uji regresi liniear sederhana dan uji kekuatan hubungan, ditemui adanya pengaruh antara variable model pembelajaran terhadap variable hasil belajar sebesar 60,5% dengan kategori keeratan hubungan kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran circuit learning berbantu media mind mapping berbasis Mindomo terhadap hasil belajar IPS pada materi pusat keunggulan ekonomi Indonesia di SMPN 2 Sidoarjo.

References

Arikunto Suharsimi. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. PUSTAKA PELAJAR.
Darnella, R., Syarifah, S., & Afriansyah, D. (2020). Penerapan Metode Concept Mapping (Peta Konsep) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Gerak di MAN 1 Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(1), 73–86. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5579
Faturohman, N. (2020). inovasi pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. 3, 617.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi ke-9. http://slims.umn.ac.id//index.php?p=show_detail&id=19545
Ghufron, M. . (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337.
Hidayat, I. (2019). Strategi Pembelajaran Populer (M. O (ed.)). Diva Press.
Lie, A. (2020). Mendidik Generasi Milenial Cerdas Berkarakter (E. Santosa (ed.)). PT Kanisius. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=UuUKEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA45&dq=teori+belajar+di+era+internet&ots=JtvblZaw4z&sig=9ZYuEBpzw019-xb71AYLO1FM_SQ&redir_esc=y#v=onepage&q=teori belajar di era internet&f=false
Marlina, L., & Solehun. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 66–74.
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Nurjannah, N., & Sumiyati, S. (2022). Implementasi Metode Peta Konsep Pada Mata Pelajaran Sejarah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 50–53. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.115
Rahmiyati. (2017). Media Cetak dan Elektronik dalam Bimbingan Penyuluhan. Al-Hiwar : Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 3(6), 66–70. https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v3i6.1210
Saharuddin, M. (2020). Strategi Pembelajaran IPS : Konsep dan Aplikasi. In Pendidikan. http://eprints.ulm.ac.id/8545/2/MUTIANI 2020-IPS-100 X (1).pdf
Salamun., dkk. (2021). INOVASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN (J. Simamarta (ed.)). Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=c6BQEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=joyce+%26+weil+model+pembelajaran+salamun&ots=eQwMUtb9pN&sig=5U9fYrfzCijstUO4q9l33CxE82Y&redir_esc=y#v=onepage&q=joyce %26 weil model pembelajaran salamun&f=false
Sudjana, N. (2011). PENILAIAN HASIL PROSES BELAJAR MENGAJAR. PT REMAJA ROSDAKARYA.
Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (Sutopo (ed.)). ALFABETA.
Suprijono, A. (2020). Cooperative Learning. PUSTAKA PELAJAR.
Swasti, M., Hutapea, N. M., & Suanto, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2428–2441. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1561
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878
Published
2023-08-31
How to Cite
Anindya, S., Riyadi, R., Niswatin, N., & Khotimah, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantu Media Mind Mapping Berbasis Mindomo Terhadap Hasil Belajar IPS. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(2), 27-38. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/52777
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 21