Budaya Sekolah Di SMPN 5 Sidoarjo

  • Lady Elfasta Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Imron Universitas Negeri Surabaya
  • Hendri Prastiyono Universitas Negeri Surabaya
  • Riyadi Riyadi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Budaya Sekolah GA3, Kompetisi, Interaksi Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk praktik kompetisi dalam implementasi budaya sekolah Gerakan Asah, Asih, Asuh (GA3) dan mendeskripsikan dampak interaksi sosial pada praktik kompetisi budaya sekolah Gerakan Asah, Asih, Asuh (GA3). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil menggunakan metode wawancara mendalam. Subjek penelitian ini adalah pihak guru tim pengembangan budaya sekolah GA3, guru pendamping kelompok GA3, dan ketua kelompok GA3. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif dengan penyajian data dalam bentuk deskriptif naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk kegiatan positif yang paling sering dilakukan kelompok GA3 dalam berpartisipasi melakukan praktik kompetisi adalah kegiatan membersihkan area lingkungan sekolah, seperti musholla, toilet, dan perpustakaan, kegiatan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun), serta kegiatan berbagi. Interaksi sosial asosiatif yang terjadi adalah kerjasama, dimana dengan semangat kerjasama dapat berdampak memberikan dorongan untuk terus melakukan berbagai kegiatan positif. Selanjutnya adalah akomodasi, dengan akomodasi berdampak membuat anggota kelompok GA3 saling introspeksi dan menjadikannya sebuah proses untuk memperbaiki kinerja kelompok menjadi lebih baik. Selain itu, juga terdapat interaksi sosial disosiatif yaitu kontravensi, aklibat dari permasalahan yang terjadi berdampak membuat kelompok GA3 tidak dapat konsisten dan bersatu untuk saling bekerjasama melakukan kegiatan positif. Penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai rekomendasi penguatan pembelajaran IPS, materi sosiologi pada kelas VII terkait bab interaksi sosial dan lembaga sosial.

References

Adyatma, R. T., Mulyanto, & Tahyudin, D. (2020). Interaksi Sosial Peserta Didik Di Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Di SMA Negeri 2 Kayuagung. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 301–314. http://dx.doi.org/10.31604/jips.v7i2.2020.301-314
Afryanti, F., Patampang, S., S., & Jennah, M., A. (2021). Lingkungan Sosial Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran IPS Di MTSN 2 Tolitoli. Katalogis, 9(2), 121-129. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/18128.
Aqobah, Q., J., Masnur Ali, G. D., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisonal. Untirta, 5(2), 134–142. http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v5i2.9253
Bali, M. M. E. I., & Naim, A. (2020). Tipologi Interaksi Sosial dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 47–62. https://risbang.unuja.ac.id/media/arsip/berkas_penelitian/97.pdf.
Damayanti, P., A., Yuliejantiningsih, Y., & Maulia, D. (2021). Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 163–167. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.27576
Delima, A., I., & Sari, C., A., K., (2021). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Remaja. Jurnal Al-Tauji, 7(1), 29–37. 10.15548/atj.v7i1.2450
Fauzi, A. (2020). Model Interaksi Santri Pondok Pesantren Ishlahiyyatul Asroriyyah Ringinagung Kediri. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2), 2721–7078. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/148
Huda, A. M., Setiawan, F., & Dalimunthe, R. (2021). Budaya Sekolah/ Madrasah. BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(3), 517–526. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/1565
Indraswati, D., Marhayani, D. A., Sutisna, D., Widodo, A., & Maulyda, M. A. (2020). Critical Thinking Dan Problem Solving Dalam Pembelajaran Ips Untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(1), 12–28. https://doi.org/10.31571/sosial.v7i1.1540
Kusani, O. N., Tukidi, T., & Nisa, A. N. S. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar IPS oleh Guru-Guru SMP Negeri Kecamatan Sragen. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(2), 122–127. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v1i2.36412
Moleong, L. J. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pettasolong, N. (2017). Implementasi Budaya Kompetisi Melalui Pemberian Reward and Punishment Dalam Pembelajaran. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 38–52. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/388
Puspitasari, M. (2022). Kerjasama Dalam Lembaga Pendidikan Berdasarkan Tafsir Al-Qur’an Surat Al-Maidah Ayat 2. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 209–221. https://doi.org/10.51878/learning.v2i3.1521
Rachmawati, A. L., & Ratnawati, S. (2020). Harmonisasi Proses Pembelajaran Melalui Teori Kepemimpinan Berbasis Asah Asih Asuh. Soedirman Economics Education Journal, 2(2), 34. https://doi.org/10.32424/seej.v2i2.3145
Rahmawati, S. N. A., & Supriyanto, A. (2020). Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim dalam Implementasi Manajemen Kualitas Terpadu Pada PT. XYZ. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP), 5(1–9). https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p1-9
Rohman, M. A. A. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Budaya Demokrasi dan Interaksi Sosial Siswa melalui Metode Diskusi. Sintesa: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 45–57. https://www.sintesa.stkip-arrahmaniyah.ac.id/index.php/sintesa/article/view/21
Soekanto, S. (2017). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKN Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
Wahyudi, D., & Kurniasih, N. (2020). Urgensi Prinsip kerjasama dan Kompetensi dalam pengelolaan Pengajaran. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 5(2), 35–48. https://doi.org/10.48094/raudhah.v5i2.68
Winata, A., K., & Hasanah, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Interaksi Sosial Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 9(1), 22–32. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i1.639
Published
2023-12-26
How to Cite
Elfasta, L., Imron, A., Prastiyono, H., & Riyadi, R. (2023). Budaya Sekolah Di SMPN 5 Sidoarjo. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(4), 62 - 72. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/57141
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 9