Pengembangan LKPD Melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Pelestarian SDA Dan SDM Untuk Meningktakan Keterampilan Berpikir Kritis

Pengembangan LKPD, Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Materi Pelestarian SDA dan SDM

Authors

  • Salsabila Nafila Wuyung Tari Unesa
  • Kusnul Khotimah
  • Nuansa Bayu Segara
  • Hendri Prastiyono

Keywords:

penelitian dan pengembangan, LKPD, Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui validitas dan efektivitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) melalui model
Problem Based Learning pada materi pelestarian Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penerapan model Problem Based Learning pada desain LKPD
digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis serta meningkatkan rasa ingin tahu dari peserta didik.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Penelitian ini menggunakan
desain pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, analyze, design, develop,
implement, dan evaluate yang berfokus pada pengembangan LKPD. Metode pengumpulan data yang dipakai ialah
validasi, observasi, dan tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD model Problem
Based Learning untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada materi pelestarian SDA dan SDM dinyatakan layak dari
segi validitas dan efektivitas, karena isi dari LKPD yang mencangkup materi pelestarian SDA dan SDM sesuai
tampilan dan kualitas isi LKPD baik dari sisi efektivitas LKPD dinyatakan praktis dengan persentase observasi
aktivitas peserta didik yang mencapai > 61%. Efektivitasnya juga terbukti dengan hasil pengujian One Sample Test yang
menunjukkan nilai t hitung (T-Value) > t tabel dan P-Value (1-tailed) < 0,05, yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima,
sehingga dapat diartikan terdapat peningkatan skor antara sebelum dan sesudah penggunaan LKPD. Penelitian
selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan LKPD melalui model Problem Based Learning untuk melatihkan
keterampilan berpikir kritis pada materi IPS lainnya.
Kata kunci : Pengembangan, LKPD, Problem Based Learning, Berpikir Kritis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fajariah Masyah Indah Sinurat. (2022). Penggunaan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan

prestasi belajar matematika pada SMKN 1 Cikarang Selatan. Indonesian Journal of Educational

Development, 2(4), 80–88.

Hayati, N., & Nuriyah, T. S. (2023). Pengembangan Lkpd Model Pbl (Problem Based Learning)

Dalam Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Binomial, 6(2), 172–184.

Ipaubla, M., & Maftuh, B. (2022). Analisis Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Dan

Efektivitas Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Sumber Daya Alam, 179–188.

Khovivah, A., Gultom, E. S., & Lubis, S. S. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based

Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. LENSA (Lentera

Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 152–161.

Krismona Arsana, I. W. O., & Sujana, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik

(Lkpd) Berbasis Project Based Learning Dalam Muatan Materi IPS. Jurnal Imiah Pendidikan Dan

Pembelajaran, 5(1), 134.

Mujinem. (2020). Pembinaan Sumber Daya Manusia Hubungannya Dengan Pelestarian Sumber

Daya Alam. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 139–148.

Munawaroh, N., & Sholikhah, N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning

Melalui Video Interaktif Berbantuan Google Site Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir

Kritis. Jurnal Ecogen, 5(2), 167.

N.K.I. Sapitri, I.M. Ardana, & I.M. Gunamantha. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Pemecahan

Masalah Dengan Pendekatan 4C Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 24–32.

Rahmawati, H., Pujiastuti, P., & Cahyaningtyas, A. P. (2023). Kategorisasi Kemampuan Berpikir

Kritis Siswa Kelas Empat Sekolah Dasar di SD se-Gugus II Kapanewon Playen, Gunung

Kidul. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 88–104.

Sarmini, S., Prasetyo, K., & Khotimah, K. (2023). Membangun Karakter Integritas Peserta Didik

melalui Mata Pelajaran IPS: Studi Kasus SMP Negeri 50 Surabaya. Dialektika Pendidikan IPS,

1(1), 87–101.

Segera, N. B. (2015). Education for Sustainable Development (ESD) Sebuah Upaya Mewujudkan

Kelestarian Lingkungan. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 22–30.

Shobrina, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iii Mi Darul Ulum Wates Ngaliyan

Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Islam Negeri Walisongo, 75.

Sry Astuti, M. D. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir

Peserta Didik Pada MAateri Kesetimbangan Kimia. 06(1), 68–72.

Sujarwo, C. G. (2021). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based

Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies,

2, 123–130.

Triani, D. S., Winarni, E. W., & Muktadir, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based

Learning (PBL) terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN

78 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 13–21.

Wicaksono, B. A., Khotimah, K., Segara, N. B., & Prastiyono, H. (2023). Analisis Potensi Ekosistem

Mangrove Center Tuban Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Lingkungan Bahari Dalam

Pembelajaran IPS. SOSEARCH : Social Science Educational Research, 3(2), 66–80.

Downloads

Published

2025-05-11

How to Cite

Salsabila Nafila Wuyung Tari, Kusnul Khotimah, Nuansa Bayu Segara, & Hendri Prastiyono. (2025). Pengembangan LKPD Melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Pelestarian SDA Dan SDM Untuk Meningktakan Keterampilan Berpikir Kritis : Pengembangan LKPD, Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Materi Pelestarian SDA dan SDM. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(1), 275–284. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/66156

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 50 , PDF Downloads: 18