Pengaruh Kemampuan Literasi Informasi Dan Keterampilan Sosial Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP

Authors

  • Prihatini Alfath Universitas Negeri Surabaya
  • Sukma Perdana Prasetya Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya
  • Katon Galih Setyawan Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Kemampuan Literasi Informasi, Keterampilan Sosial, Prestasi Belajar, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kemampuan literasi informasi dan keterampilan sosial terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas VII di UPT SMP Negeri 2 Gresik. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya penguasaan keterampilan abad 21, khususnya literasi informasi dan keterampilan sosial, dalam menunjang keberhasilan akademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel terdiri atas 64 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan literasi informasi, lembar observasi keterampilan sosial, dan dokumentasi nilai prestasi belajar IPS. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 21 melalui uji regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi informasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan kontribusi sebesar 66,5%. Keterampilan sosial juga memiliki pengaruh signifikan dengan kontribusi sebesar 36,3%. Secara simultan, kedua variabel tersebut memberikan pengaruh sebesar 70,6% terhadap prestasi belajar IPS siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan literasi informasi dan keterampilan sosial secara bersama-sama berkontribusi positif terhadap capaian akademik siswa. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran berbasis literasi dan sosial di lingkungan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amala. Dina, Faradita, M., & Setiawan, F. (2021). Analisis Pembelajaran Online Terhadap Keterampilan . JURNAL IKA : Ikatan Alumni PGSD UNARS, 9(1), 258–269.

Darmiany. (2021). Keterampilan Sosial Modal Dasar Remaja Bersosialisasi di Era Global (M. Archi Maulyda (ed.); 1st ed.). Sanabil.

Efendi, P. M. (2023). Keterampilan Abad 21 Kaitannya Dengan Karakteristik Masyarakat di Era Abad 21. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(1), 78.

Fuad, A. Z., & Alfin, J. (2017). Transformasi tujuan pendidikan nasional perspektif pendidikan Islam. Humanis, 9(2).

Khotimah, S. K., Prasetyo, K., Prasetya, S. P., & Nasution, N. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Geografi pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Perdagangan Antarwilayah dan Antarnegara. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 6(3), 510. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.547

Maftuh, B. (2010). Memperkuat Peran IPS dalam Membelajarkan Keterampilan Sosial dan Resolusi Konflik Memperkuat Peran IPS dalam Membelajarkan Keterampilan Sosial dan Resolusi Konflik (pp. 1–32).

Murti, D. P., & Winoto, Y. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Literasi Informasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Sman 1 Cibinong Kabupaten Bogor. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 1–5.

Mutamakin, A., Shinta, A., & Widiantoro, F. W. (2021). Hubungan Antara Konformitas dan Kohesivitas Remaja Laki-laki Anggota Komunitas Modifikasi Motor. Jurnal Psikologi, 17(2), 1–10.

Prasetya, S. P. (2014). Memfasilitasi Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. Jurnal Geografi, 12(1), 1–12.

Putra, A., & Damayanti, P. S. (2021). Hubungan Keterampilan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 2, 217–221.

Rahman, A. M., Alviawati, E., Anggriani, P., Aristin, N. F., Setiawan, F. A., & Simbolon, D. M. (2023). Pengaruh Kemampuan Literasi Informasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 10 Banjarmasin. Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 3(1), 46–58.

Rosyid, M. Z., Mustajab, & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi Belajar (H. Sa’diyah (ed.)). Literasi Nusantara.

Samosir, F. T., & Ginting, R. T. (2023). Literasi Informasi dan Perpustakaan (G. R. Hridyananda (ed.); Pertama). Jejak Pustaka.

Siahaan, N., & Rusmaliyah. (2019). Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pendidikan Di Era Revolusi 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 962–965.

Suprijono, A. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatoris (1st ed.). Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Prihatini Alfath, Sukma Perdana Prasetya, Nuansa Bayu Segara, & Katon Galih Setyawan. (2025). Pengaruh Kemampuan Literasi Informasi Dan Keterampilan Sosial Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(2), 257–267. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/71102

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 20 , PDF Downloads: 13

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>