Pengaruh Pembelajaran Kontekstual berbantuan Media Pembelajaran Film Dokumenter terhadap Hasil Belajar pada Materi Sejarah Lokal di SMP Labschool Unesa 1

Authors

  • Martutik Intan Rahayu Rahayu Universitas Negeri Surabaya
  • Nasution
  • Ali Imron
  • Niswatin

Keywords:

pembelajaran kontekstual, film dokumenter, hasil belajar sejarah lokal

Abstract

Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh pembelajaran kontekstual berbantuan media pembelajaran film dokumenter terhadap hasil belajar materi sejarah lokal di SMP Labschool Unesa 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar materi sejarah lokal dengan penggunaan pembelajaran kontekstual berbantuan film dokumenter pada kelas VII C SMP Labschool Unesa 1 tahun Pelajaran 2024/2025 dengan jumlah siswa 32 orang, sehingga memberikan inovasi pembelajaran sejarah lokal terbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan kuasi-eksperimental desain one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalam tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran kontekstual berbantuan film dokumenter berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar materi sejarah lokal. Hal ini ditunjukkan melalui peningkatan rata-rata peserta didik dari pretest sebesar 49,7 menjadi 86,8 pada posttest, serta hasil uji paired sample t-test yang menunjukkan signifikansi 0,000 < 0,05. Peningkatan pemahaman dalam ranah kognitif ini, mampu menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan menganalisis nilai-nilai sosial perjuangan. Media film dokumenter Arek Suroboyo terbukti memperkuat daya serap peserta didik terhadap materi sejarah lokal melalui penyajian visual yang kontekstual dan relevan dengan lingkungan nyata mereka. 

 

Abstract

This study discusses the effect of contextual learning assisted by documentary film learning media on learning outcomes of local history material at SMP Labschool Unesa 1. This study aims to determine the learning outcomes of local history material with the use of contextual learning assisted by documentary films in class VII C SMP Labschool Unesa 1 in the 2024/2025 academic year with 32 students, thus providing the latest local history learning innovation. The method used in this study is quantitative with a quasi-experimental one group pretest-posttest design. Data collection techniques used are tests and documentation. The results of the study showed that the use of contextual learning assisted by documentary films had a significant effect on improving learning outcomes of local history material. This is shown by an increase in the average of students from the pretest of 49.7 to 86.8 in the posttest, as well as the results of the paired sample t-test which showed a significance of 0.000 <0.05. Increasing understanding in the cognitive domain is able to foster critical thinking skills and analyze social values ​​of struggle. Arek Suroboyo documentary film media has been proven to strengthen students' absorption of local history materials through visual presentations that are contextual and relevant to their real environment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, S. (2024). Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah Lokal. Maharsi: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sosiologi, 6(1).

Ayu, D., Nugraha, M. A., & Sumatri, P. (2024). Pemanfaatan Media Film Dokumenter Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan. Toga: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2).

Fahira, D., Safitri, D., & Sujarwo. (2024). Penerapan Pembelajaran Kontekstual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas VII. Cendekia Pendidikan, 4(1).

Hidayatillah, F., & Suprijono, A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Film Sejarah terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas XI pada Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 7 Surabaya. Avatara E-Journal Pendidikan Sejarah, 15(3).

Hutapea, D. M. W. (2024). Analisis Perbandingan Pembelajaran Individu dengan Pembelajaran Berkelompok melalui Model Pembelajaran Kontekstual Mata Pelajaran Ekonomi terhadap Hasil Belajar di SMPN 1 Borbor. Universitas HKBP Nommensen.

Kaniawati, E., Mardani, M. E., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2).

Mareta, Y., & Jamil, R. N. (2022). Pembelajaran Sejarah Lokal: Enkulturasi Berfikir Kritis. Tarikhuna: Journal of History and History Education, 4(1).

Maskun, Sumargono, Pratama, rinaldo A., & Maydiantoro, A. (2021). The Effectiveness of Historical Documentary Films as Information Technology in Improving Student Learning Outcomes. International Journal of Education and Information Technologies, 15. https://doi.org/10.46300/9109.2021.15.19

Nadhiroh, S., & Arisona, R. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Film Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa Smp Materi Potensi Dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Asanka Journal of Social Sciense and Education, 1(2).

Sambonu, A. Y., Samadi, & Hardi, O. S. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Pemahaman dan Minat Belajar di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4).

Downloads

Published

2025-10-18

How to Cite

Rahayu, M. I. R., Nasution, Ali Imron, & Niswatin. (2025). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual berbantuan Media Pembelajaran Film Dokumenter terhadap Hasil Belajar pada Materi Sejarah Lokal di SMP Labschool Unesa 1 . Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(4), 45–53. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/67893

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 24 , PDF Downloads: 16

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2