PERBEDAAN KEMAMPUAN LITERASI PADA MODEL PEMBELAJARAN LOK-R BERBASIS GOOGLE SITES DENGAN YANG BERBASIS BUKU TEKS DI KELAS 11 IPS DI SMAN 1 KWANYAR

Authors

  • Siti Nur Salimah Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Surabaya
  • Riyadi Riyadi Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Rendahnya tingkat literasi peserta didik menjadi salah satu faktor utama dari permasalahan penelitian ini. Salah
satu definisi "membaca aktif" ialah persyaratan untuk membaca banyak kata tanpa waktu untuk refleksi atau diskusi.
Ketika remaja Indonesia diharapkan membaca di dalam sekolah namun jarang melaksanakan himbauan tersebut,
akibatnya pembaca hanya akan menghafalkan bacaan tanpa melibatkan logika dalam suatu teks. Penelitian ini bertujuan
untuk menjelaskan perbedaan kemampuan literasi sejarah dalam pembelajarn sejarah antara yang berbasis google sites
dengan yang berbasis buku teks. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Independent Sample T-test,
menunjukkan data bersifat homogen dan normal, hasil analisis data diperoleh bahwa nilai signifikansi sebesar 0,001 <
0,05 dan diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,493 > t-tabel 1,670 sehingga dapat dinyatakan H? ditolak dan H? diterima. Jadi
dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan rata-rata literasi sejarah antara buku teks pada kelas eksperimen
1 dengan google sites pada kelas eksperimen 2.
Kata Kunci: Google Sites, Buku Teks, Kemampuan Literasi Sejarah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 25 , PDF Downloads: 73