VALIDITAS DAN KEEFEKTIVAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI THE ZOOMING PRESENTATION PADA SUBMATERI ENZIM DI KELAS XII SMA

  • Nur Hayati
  • Yuliani Yuliani

Abstract

Proses pembelajaran dengan menggunakan media dapat dimanfaatkan dalam suatu pembelajaran dengan materi yang memiliki sifat abstrak, teoritis dan membutuhkan visualisasi. Materi enzim termasuk materi yang memiliki sifat abstrak yang terdapat obyek - obyek mikroskopis. Salah satu applikasi yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang berfungsi sebagai alat presentasi adalah Prezi The Zooming Presentation yang merupakan media alternatif yang dapat menampilkan sebuah tampilan yang saling berkaitan dalam sebuah tampilan slide dengan slide lainnya dengan mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media Prezi The Zooming Presentation pada submateri enzim yang layak berdasarkan kevalidan dan keefektivan. Penelitian ini menggunakan metode ASSURE. Kegiatan uji coba dilaksanakan secara terbatas pada bulan Februari 2018 kepada 20 siswa kelas XII MIPA 7 di SMAN 1 Gedangan, Sidoarjo. Hasil validitas media pembelajaran berbasis Prezi The Zooming Presentation setelah ditinjau dari 3 pakar diperoleh tingkat validitas sebesar 4 yang dikategorikan sangat valid. Hasil belajar dinyatakan efektif diperoleh dari persentase ketuntasan siswa sebesar 100% dan mengalami peningkatan hasil belajar melalui perhitungan gain score (g) sebesar 0,74 dengan kategori Tinggi. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Prezi The Zooming Presentation pada submateri Enzim layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan validitas dan peningkatan hasil belajar siswa

Kata kunci : Validitas, Keefektivan, Prezi The Zooming Presentation, Submateri Enzim

Published
2018-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 114
PDF Downloads: 8802