PENGEMBANGAN BUKU SAKU IDENTIFIKASI ANGIOSPERMAE BERBASIS JELAJAH LINGKUNGAN DI PESISIR GRESIK UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS X
Abstract
Pembelajaran biologi tidak terlepas dari kegiatan identifikasi. Sarana identifikasi yang tepat digunakan dalam menunjang pembeljaran berbasis jelajah alam adalah buku saku. Buku saku dikembangkan karena memiliki ukuran yang mudah dibawa dan ringkas memuat informasi yang dikemas secara menarik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Buku Saku Identifikasi Angiospermae Berbasis Jelajah Lingkungan di Pesisir Gresik untuk Peserta Didik SMA Kelas X yang valid, efektif, dan praktis. Penelitian menggunakan model pengembangan 3D yang diadaptasi dari model pengembangan (Four-D) 4D meliputi tahapan penelitian yaitu Define, Design, dan Development tanpa melalui tahapan Disseminate. Penelitian dilakukan uji coba terbatas pada 20 peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Gresik pada bulan April 2018. Parameter buku saku meliputi validitas teoritis, keefektifan buku saku, serta kepraktisan buku saku. Tahap analisis data dilakukan secara deskriptiff kuantitatifmenggunakan metode telaah, lembar observasi kegiatan dan angket respon. Hasil penelitian menunjukan bahwa validitas buku berdasarkan kelayakan isi, penyajian dan bahasa memperoleh nilai masing-masing 100% dengan interpretasi sangat layak. Keefektifan buku saku ditinjau dari hasil kerja peserta didik dalam mengidentifikasi tumbuhan, memperoleh nilai 90% dengan interpretasi sangat baik, sedangkan kepraktisan buku saku diperoleh dari hasil respon peserta didik terhadap buku saku selama penggunaan, memperoleh nilai 96%.
Kata kunci : Pengembangan, Buku Saku, Identifikasi.