ANALISIS PROFIL MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN TEKNIK CERTAINTY OF RESPONSE INDEX PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA

  • Lintang Dini
  • Raharjo Raharjo

Abstract

Dewasa ini, telah terjadi pergeseran pola belajar siswa. Siswa hanya termotivasi untuk mengerjakan soal-soal dengan cepat, tanpa sepenuhnya memahami konsep yang diujikan sehingga dapat berakibat pada miskonsepsi siswa. Miskonsepsi banyak ditemukan pada sejumlah materi pelajaran Biologi, salah satunya yaitu pada materi Sistem Gerak Manusia. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa pada materi Sistem Gerak Manusia dan penyebabnya. Subyek yang digunakan merupakan 35 siswa kelas XI MIA 1 dan 32 siswa kelas XI MIA 5 di SMA Negeri 21 Surabaya. Data diperoleh melalui teknik tes pada kedua kelas uji dan wawancara terhadap tiga orang siswa dengan nilai miskonsepsi tertinggi pada masing-masing kelas uji. Penelitian ini menggunakan instrumen tes diagnostik True-False Item yang disertai pilihan alasan dan Certainty of Response Index (CRI) yang dilengkapi dengan panduan pelaksanaan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil miskonsepsi siswa pada materi Sistem Gerak Manusia sebesar 32% pada kelas XI MIA 1 dan 30% pada kelas XI MIA 5. Miskonsepsi tertinggi terjadi pada pokok bahasan tentang struktur otot (54%) dan mekanisme relaksasi otot (56%). Kesimpulan dari penelitan ini adalah miskonsepsi yang terjadi pada kedua kelas uji termasuk pada kategori rendah. Faktor penyebab miskonsepsi pada siswa adalah faktor yang berasal dari siswa, guru, buku ajar dan cara mengajar.

Kata Kunci: Certainty of Response Index,  miskonsepsi, Sistem Gerak Manusia.

Section
Articles
Abstract Views: 262
PDF Downloads: 236