PENGEMBANGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT SISWA KELAS X SMA PADA MATERI FUNGI

  • Nuha Arie Nadimah
  • Raharjo Raharjo

Abstract

Peserta didik pada umumnya mengalami kesulitan dalam memahami istilah ilmiah yang terdapat pada materi fungi. Pemahaman yang kurang tersebut menyebabkan peserta didik kesulitan dalam mengingat istilah serta konsep yang telah diberikan sebelumnya. Pembelajaran mengenai istilah ilmiah dapat melalui permainan kosakata, salah satunya adalah Teka-Teki Silang (TTS). TTS mampu mengurangi rasa bosan peserta didik dan meningkatan daya ingat, sehingga kualitas belajar diharapkan meningkat. Kemampuan mengingat adalah kemampuan dasar dalam kognitif yang berhubungan dengan kemampuan kognitif lainnya yang seharusnya dikuasai oleh peserta didik. Jenis penelitian  ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan media TTS  untuk meningkatkan kemampuan mengingat peserta didik berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan menggunakan metode ASSURE. Kegiatan ujicoba dilakukan secara terbatas pada 20 peserta didik kelas X MIA 5 SMA Hangtuah 2 Sidoarjo. Hasil penelitian TTS fungi ini memperoleh skor validasi sebesar 3,8 (Sangat valid), hasil aktivitas siswa dengan persentase sebesar 97% (sangat praktis) dan dengan  skor hasil belajar sebesar 100% (sangat efektif), respon positif 98% (sangat efektif), dan keterampilan komunikasi 3,85% (sangat efektif). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa TTS pada materi fungi dinyatakan valid, praktis dan efektif serta layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah

.

Kata Kunci: teka-teki silang, fungi, kemampuan mengingat

Published
2018-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 263
PDF Downloads: 297