VALIDITAS DAN KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI FUNGI UNTUK MELATIHKAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS X SMA
Abstract
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis literasi sains pada materi fungi berdasarkan pada tingkatliterasi sains Indonesia yang masih rendah. Berdasarkan observasi materi jamur pada kelas X SMA dianggap sulit
karena memiliki sub materi yang banyak serta terdapat banyak kata -kata yang sulit dipahami. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk menghasilkan validitas dan keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis literasi sains pada materi
fungi. Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan menggunakan model 4-D, yaitu tahap Define, Design, Develop,
dan Dessiminate. Namun dalam penelitian ini tahap Dessiminate tidak dilakukan. Kegiatan pengembangan LKPD
berbasis literasi sains dilaksanakan di kampus Jurusan Biologi FMIPA UNESA pada bulan September s/d Februari
2019. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa kelas X MIPA 2 di SMAN 1 Puri Mojokerto. Data dianalisi s secara
deskriptif kuantitatif dengan metode validasi, tes dan angket sedangkan instrument yang digunakan yaitu lembar
validasi, lembar pree test dan post test dan lembar angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilakukan menunjukkan bahwa validitas LKPD yang telah ditelaah oleh dua dosen dan satu guru biologi memperoleh
nilai sebesar 3,72 dengan kategori sangat valid. Keefektifan ditinjau dari respon siswa, ketercapaian indikator, dan hasil
belajar siswa dengan presentase 98,47%, 84%, dan 84,75% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD yang
dikembangkan oleh peneliti masuk dalam kategori valid dan efektif.
Kata Kunci: validitas, keefektifan, lkpd, literasi sains, fungi, berpikir tingkat tinggi
Issue
Section
Articles
PDF Downloads: 126