KEEFEKTIFAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF

  • Siti Nurfaizah
  • Sifak Indana

Abstract

Keterampilan  berpikir  kreatif  dapat  dilatihkan  dengan  pembelajaran  berbasis
Bioentrepreneurhip. Bioentrepreneurship adalah pembelajaran yang mefokuskan pada penciptaan suatu
produk  bernilai  jual,    sehingga  sesuai  dengan  materi  bioteknologi  konvensional.    Komponen
Bioentrepreneurship  meliputi  team  based  approach,  focus  on  value  cretion,  connecting  student  to  the
outside  world,  dan  letting  student  act  on  their  knowledge  and  skill.  Keterampilan  berpikir  kreatif  yang
dilatihkan  dengan  menggunakan  LKPD  berbasis  Bioentrepreneurship  meliputi  fluency,  flexibility,
elaboration, dan  originality. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan keefektifan LKPD yang
dikembangkan. LKPD dikembangkan dengan disain penelitian 4-D yaitu Define, Design, Develop,  dan
Disseminate.  Uji  coba  terbatas  dilakukan  di  SMA  Negeri  3  Tuban  kelas  XII  dengan  jumlah  24  peserta
didik.  Parameter  dalam    penelitian  ini  adalah  keefektifan  LKPD  ditinjau  dari  persentase  keterampilan
berpikir kreatif, analisis  N-gain Score, penilaian produk, dan  respon peserta didik. Hasil belajar peserta
didik  ditinjau  dari  nilai  pretest  dan  posttest  yang  di  analisis  menggunakan  N-Gain  Score  mendapatkan
skor  dengan  kategori  tinggi  Tes  keterampilan  berpikir  kreatif  dan  hasil  penilaian  produk  mendapatkan
skor  rata-rata  85,8%  dan  90,41%  dengan    kategori  sangat  efektif.  Respon  peserta  didik  mendapatkan
skor rata-rata 98,75 dengan kategori sangat efektif.
Kata kunci: Bioentrepreneurship, berpikir kreatif, bioteknologi konvensional.
Section
Articles
Abstract Views: 142
PDF Downloads: 366