KEEFEKTIFAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF
Abstract
Keterampilan berpikir kreatif dapat dilatihkan dengan pembelajaran berbasisBioentrepreneurhip. Bioentrepreneurship adalah pembelajaran yang mefokuskan pada penciptaan suatu
produk bernilai jual, sehingga sesuai dengan materi bioteknologi konvensional. Komponen
Bioentrepreneurship meliputi team based approach, focus on value cretion, connecting student to the
outside world, dan letting student act on their knowledge and skill. Keterampilan berpikir kreatif yang
dilatihkan dengan menggunakan LKPD berbasis Bioentrepreneurship meliputi fluency, flexibility,
elaboration, dan originality. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan keefektifan LKPD yang
dikembangkan. LKPD dikembangkan dengan disain penelitian 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan
Disseminate. Uji coba terbatas dilakukan di SMA Negeri 3 Tuban kelas XII dengan jumlah 24 peserta
didik. Parameter dalam penelitian ini adalah keefektifan LKPD ditinjau dari persentase keterampilan
berpikir kreatif, analisis N-gain Score, penilaian produk, dan respon peserta didik. Hasil belajar peserta
didik ditinjau dari nilai pretest dan posttest yang di analisis menggunakan N-Gain Score mendapatkan
skor dengan kategori tinggi Tes keterampilan berpikir kreatif dan hasil penilaian produk mendapatkan
skor rata-rata 85,8% dan 90,41% dengan kategori sangat efektif. Respon peserta didik mendapatkan
skor rata-rata 98,75 dengan kategori sangat efektif.
Kata kunci: Bioentrepreneurship, berpikir kreatif, bioteknologi konvensional.
Issue
Section
Articles
PDF Downloads: 366