Penerapan LKS Berorientasi Model Kooperatif Tipe Group Investigation pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA

  • Hamidah Ghoziah Akbar
  • Wisanti Wisanti

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian penerapan LKS berorientasi model kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi Keanekaragaman Hayati ini karena adanya permasalahan dalam kegiatan pembelajaran siswa Kelas X SMAN 2 Sidoarjo yaitu siswa kurang  aktif dalam kegiatan pembelajaran, siswa belum berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, dan guru belum melatihkan siswa berfikir tingkat tinggi. Sehingga perlu adanya penerapan model pembelajaran yang tepat yaitu penerapan model kooperatif tipe GI. Berdasarkan alasan tersebut maka penelitian penerapan ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas  penerapan LKS berorientasi model kooperatif tipe GI pada materi Keanekaragaman Hayati yang ditinjau melalui keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar, dan respons siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-experimental. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-test dan Post-test Design. Sasaran dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA SMAN 2 Sidoarjo dengan jumlah 71 siswa. Data keterlaksanakan pembelajaran dan respons siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data keterlaksanaan pembelajaran memperoleh kategori sangat baik dengan persentase 98,2%. Hasil belajar siswa pada kompetensi sikap sosial bekerjasama menunjukkan kategori baik dan sangat baik; dan pada kompetensi pengetahuan manunjukkan rata-rata Pre-test sebesar 47,5±7,6 dengan ketuntasan klasikal 0% dan kategori sangat kurang sedangkan pada hasil Post-test rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 87,1±4,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Hasil gain score pada kompetensi pengetahuan yaitu 0,75 dengan kategori tinggi. Selain itu, siswa juga memberikan respons yang positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan LKS berorientasi model kooperatif tipe GI. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan  LKS berorientasi model kooperatif tipe GI dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Biologi Kelas X SMA, Keanekaragaman Hayati, Lembar Kegiatan Siswa, Model Kooperatif tipe Group Investigation.

 

Published
2018-09-30
Section
Articles
Abstract Views: 182
PDF Downloads: 184