KELAYAKAN BUKU AJAR BERBASIS QUANTUM LEARNING PADA MATERI KOORDINASI UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS

  • Miftakul Jannah
  • Raharjo Raharjo

Abstract

Abstrak

Buku ajar berbasis quantum learning dikembangkan agar peserta didik memiliki respon positif dalam proses belajar terutama untuk materi biologi yang dianggap sulit seperti Sistem Koordinasi. Berdasarkan karakteristik tersebut pendekatan quantum learning sesuai untuk melatihkan kemampuan literasi sains pada aspek kompetensi.  Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku ajar berbasis quantum learning pada materi sistem koordinasi untukvmelatihkan kemampuan literasivsains yang layak berdasarkan validitas ahli dan keefektifan buku ajar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model ADDIE yaituvanalysis, vdesign, development, vimplementation danvevaluation. Metode pengambilan data dilakukan dengan validasi menggunakan lembar validasi buku ajar oleh tiga validator diantaranya dosenvahlivmateri, dosenvahlivpendidikan dan guru biologi SMA serta dilakukan uji coba buku ajar diujikan pada 16 peserta didik kelas XI IPA menggunakan lembar tes kemampuan literasi sains. Datavdianalisisvsecara deskriptif. Hasilvpenelitian diperoleh jumlah skor rata-rata keseluruhan validitas sebesar 3,67 yang menunjukkan buku ajar yang dikembangkan sangat layak dan tes kemampuan literasi sains yang menunjukkan keefektifan buku ajar dengan rata-rata ketuntasan indikator pencapaian hasil belajar sebesar 89,73 % dengan kategori tuntas dan rata-rata skor pada aspek literasi sains sebesar 89,26 % dengan kategori sangat baik. Buku ajar yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan validitas dan efektifitas.

.

Kata Kunci : kelayakan buku ajar, quantum learning, sistem koordinasi,  literasi sains.
Section
Articles
Abstract Views: 116
PDF Downloads: 605