Pengembangan Permainan KARZIM (Kartu Enzim) Berbasis Team Games Tournament Untuk Melatih Keterampilan HOTS Siswa SMA

  • Mas Al dhin Imru'ul Qais As-Syauqi Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Yuliani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media permainan kartu sebagai media pembelajaran yang inovatif dan praktis untuk melatih keterampilan HOTS siswa dilihat dari aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang diberi nama media permainan KARZIM (Kartu Enzim). Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dengan desain penelitian one group pretest dan posttest design yang dilakukan pada 22 siswa kelas XII SMA. Rincian hasil penelitian yang telah dilakukan di antaranya validitas permainan KARZIM mendapatkan persentase rata-rata sebesar 98,67%, kepraktisan permainan KARZIM dilihat dari hasil keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95,13%; lembar aktivitas siswa sebesar 97,2%; angket respons siswa sebesar 96,63%, dan keefektifan permainan KARZIM ditinjau dari hasil pretest mendapatkan persentase rata-rata sebesar 53,63% dan posttest mendapatkan persentase rata-rata sebesar 81,36% dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 90,90% (indikator interpretasi sebesar 27,28%, indikator analisis sebesar 28,79%, dan indikator evaluasi sebesar 26,14%). Pada semua hasil di atas mendapatkan kategori sangat baik. Peningkatan skor keterampilan HOTS melalui perhitungan N-gain score mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0,65 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan KARZIM untuk melatih keterampilan HOTS dikatakan layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan.

Published
2023-09-20
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 42