Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Materi Sistem Gerak pada Manusia Peserta Didik Kelas XI SMA

  • Ollyfian Bagos Marchellino Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Kuswanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dapat memecahkan berbagai masalah pendidikan. Salah satu masalah pendidikan terkait media pembelajaran. Media pembelajaran interaktif dapat merangsang kreatifitas serta inovasi guru dalam mendesain pembelajaran. Manfaat penggunaan media interaktif adalah Peserta didik dapat belajar secara mandiri menurut tingkatan kemampuannya maupun dalam kelompok kecil. Salah satu media pembelajaran interaktif adalah power point. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran power point interaktif pada materi Sistem Gerak pada Manusia peserta didik kelas XI yang layak berdasarkan validitas dan kepraktisan dan mendeskripsikan validitas dan kepraktisan media pembelajaran power point interaktif pada materi Sistem Gerak pada Manusia peserta didik kelas XI berdasarkan hasil validasi dan respon positif peserta didik. Pengembangan media ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilakukan. Pengambilan data validitas dan kepraktisan menggunakan teknik validasi dan angket. Validasi media dilakukan oleh 3 validator, yaitu 2 validator ahli dan 1 validator guru Biologi, sedangkan pengisian angket dilakukan oleh 20 peserta didik sebagai responden setelah menggunakan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor validitas media power point interaktif mencapai 4,72 dengan kriteria “sangat valid” dan respon positif peserta didik mencapai 96% dengan kriteria “sangat praktis”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran power point interaktif pada materi Sistem Gerak pada Manusia layak berdasarkan validitas dan kepraktisannya.

Kata Kunci: power point, interakif, Sistem Gerak pada Manusia.

Published
2024-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 41