Pengembangan E-book Berbasis Creative Problem Solving untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Materi Perubahan Lingkungan Siswa SMA

Authors

  • Tafty Hanna Universitas Negeri Surabaya
  • Sunu Kuntjoro Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n3.p629-635

Abstract

AbstrakĀ 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media berbasis creative problem solving dalam bentuk E-book untuk meningkatkan kemampuan literasi digital siswa. Kemampuan literasi digital menjadi topik yang penting karena membantu siswa dalam merancang strategi memecahkan masalah serta mengelola informasi. E-book berbasis creative problem solving diharapkan dapat melatih kemampuan literasi digital siswa pada topik perubahan lingkungan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi validitas isi, penyajian, dan bahasa dari E-book tersebut. Kepraktisan penggunaan E-book juga diteliti untuk memastikan bahwa E-book tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam melatih kemampuan literasi digital pada siswa SMA dalam memahami materi perubahan lingkungan. Metode penelitian mengacu pada model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini melibatkan 27 siswa kelas X MIPA dari SMA 17 Agustus 1945 Surabaya dalam uji coba terbatas. Data mengenai validasi E-book diperoleh dari tiga validator, sementara kepraktisan E-book dievaluasi melalui angket respons siswa yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil validasi E-book menunjukkan persentase skor 91,35%, yang mengindikasikan tingkat validitas yang sangat tinggi. Hasil angket respons siswa menunjukkan skor 97,60%, yang menunjukkan bahwa E-book tersebut sangat praktis. Oleh karena itu, berdasarkan aspek validitas dan kepraktisan, pengembangan E-book ini dinyatakan layak serta sesuai digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwan, Muhammad. 2018. Pengembangan Multimedia E-Book 3D Berbasis Mobile Learning Untuk Mata Pelajaran Geografi SMA Guna Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2(1).

Fauziah, H. I. 2022. Analisis Kualitas Media Pembelajaran Digital Pada Pembelajaran Ipa Dengan Menggunakan Metode Bibliometrixs Tools (Aplikasi Slna) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Fitri, H. M. M. Rahayu, Y. S. 2022. Pengembangan E-Book Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Siswa Kelas XII MA, BioEdu. 11(1), 28-38.

Latifah, F., & Hanik, E. U. 2023. Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA MI An-Nur Daren. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(02), 171-179.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. 2021. Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Gufran, G., & Mataya, I. 2020. Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(2).

Kemdikbud. 2023, July 13. Kurikulum Merdeka. Retrieved from Kurikulum Merdeka: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/ Kementerian PPN/Bappenas. 2021. Bappenas.go.id

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. 2017. Upaya peningkatan kemampuan literasi digital bagi tenaga perpustakaan sekolah dan guru di wilayah Jakarta pusat melalui pelatihan literasi informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61-76.

Kusumawardani, A. D. 2020. Analisis Kendala Guru Dalam Menyusun RPP Berbasis 4C(Creativ, Critical Thingking, Communicative, Collaborative) Di SD Negeri Kenokorejo 4 Polokerto. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. 2019. Model penguatan literasi digital melalui pemanfaatan e-learning. Jurnal Aspikom, 3(6), 1200-1214.

Sumiarsih, R. 2023. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negaramenggunakan Teknik Creative Problem Solving. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP), 1(1), 40-45.

Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah, M. 2019. Analisis literasi digital siswa melalui penerapan e-learning berbasis schoology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 9-13

Martha, Z. D., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. 2018. E-book berbasis Mobile learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 109-114.

Ruddamayanti, R. 2019, March. Pemanfaatan buku digital dalam meningkatkan minat baca. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 12, No. 01).

Harefa, D., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., Ndururu, K., & Ndururu, M. 2020. Peningkatan hasil belajar IPA pada model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 1-18.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. 2018. Kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa SMP melalui pembelajaran open ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.

Siregar, B., Ritonga, R. S., & Basri, H. (2022). Landasan Guru Profesional dalam Meningkatkan Soft Skill Dan Literasi Digital Merdeka Belajar Kampus

Merdeka. JP2S: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Sains, 1(1).

Febryana, N. E., Septiana, N., & Rohmadi, M. 2021. Literasi Sains Siswa Kelas IX dengan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis EXE Learning pada Materi Pewarisan Sifat. Bioeduca: Journal of Biology Education, 3(1), 60-70.

Fitri, N. A. 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Melalui Model Problem Based Instruction Berbasis Lkpd KelasVII-1 Di SMP Genesis Medicare Depok. Euclid, 8(1), 51-61.

Putri, S., & Darussyamsu, R. 2021, September. Efektivitas Model Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan Lokal Effectiveness Biology Learning Model Based on Local Wisdom. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 1, No. 1, pp. 958-967).

Downloads

Published

2024-10-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 26 , PDF Downloads: 13

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>