Tinjauan Literatur Augmented Reality pada Pembelajaran Biologi dalam Melatihkan Literasi Digital pada Artikel
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n1.p240-248Keywords:
Implementasi, Biblioshny, Scopus, Vosviewer, EdukasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mencari gap atau peluang penelitian melalui kajian literatur artikel yang telah dipublish dalam platform scopus pada rentang tahun 2013-2023 terkiat implementasi Augmented Reality pada pembelajaran biologi dalam melatihkan literasi digital. Metode penelitian ini yaitu dengan melakukan pengumpulan data berupa publikasi hasil penelitian terkait implementasi Augmented Reality pada pembelajaran biologi dalam melatihkan literasi digital melalui pencarian pada scopus dan dilakukan analisis data menggunakan VOSviewer dan Biblioshiny. Data diambil dari scopus dengan kata kunci “Augmented Reality in Media Learning” dan “Digital Literacy in Educational Media” dan analisis menggunakan VOSviewer dan Biblioshiny mendapatkan hasil n = 415 dokumen dan n = 653 dokumen dengan analisis Co-Author, Co-Occurance, Citation, dan Co-Word. Berdasarkan hasil analisis Bibliometrik bahwa trend topic yang diambil pada penelitian ARIML pada rentang waktu 2013-2023 yaitu “Education” dengan frekuensi 22 di kuartil 1 pada tahun 2014, kuartil menengah pada tahun 2017, dan kuartil 3 pada tahun 2021. Trend topic “Augmented Reality” dengan frekuensi 117 di kuartil 1 pada tahun 2019, kuartil menengah pada tahun 2021, dan kuartil 3 pada tahun 2022. Pada penelitian DLIEM pada rentang waktu 2013-2023 yaitu “Digital Literacy” dengan frekuensi 18 di kuartil 1 pada tahun 2017, kuartil menengah pada tahun 2019, dan kuartil 3 pada tahun 2021. Trend topics “Education” dengan frekuensi 42 di kuartil 1 pada tahun 2016, kuartil menengah pada tahun 2020, dan kuartil 3 pada tahun 2022. Trend topics “E-learning” dengan frekuensi 83 di kuartil 1 pada tahun 2019, kuartil menengah pada tahun 2021, dan kuartil 3 pada tahun 2022.
Downloads
References
Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., & Putra, A. B. N. R. (2019). Kompetensi literasi digital bagi guru dan pelajar di lingkungan sekolah kabupaten Malang. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 98-104.
Azaly, Q. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Office Sway Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 218-227.
Azzahrawaani, Z., & Johan, R. C. (2023). Analisis Bibliometrik Tren Penelitian Literasi Pada Lansia dengan Menggunakan VOSviewer. BACA: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 44(2), 125-140.
Babutta, S. L. (2020). Memaknai Manusia Dalam Dimensi Mahkluk Hidup: Kajian Filosofis Dari Sudut Pandang Biologi. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(2), 48-53.
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital: pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712-31723.
Endarto, I. A., & Martadi, M. (2022). Analisis potensi implementasi metaverse pada media edukasi interaktif. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(1), 37-51.
Haka, Nukhbatul Bidayati dan Shanda. (2018). Pengembangan komik manga berbasis android untuk peserta didik kelas XI ditingkat SMA/MA. Jobe. Vol1(1). 17-32.
Kurdi, M. S., & Kurdi, M. S. (2021). Analisis bibliometrik dalam penelitian bidang pendidikan: Teori dan implementasi. Journal on Education, 3(4), 518-537.
Maulidiyah, H., & Susarno, L. H. (2024). E-Modul dalam Mata Pelajaran Informatika untuk Upaya Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking dan Literasi Digital. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 586-597.
Qurtubi, A., Ramadhani, S., Hartono, N. R., Irawan, W. D., Prijambodo, R. F. N., & Mardikawati, B. (2024). EKSPLORASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI 5G DALAM MENDORONG INOVASI PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 885-897.
Ulfah, A. (2022). Model Literasi Digital dalam Upaya Mengurangi Kesenjangan Digital untuk Santri Menuju Indonesia Emas 2045. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 14(1), 1-7.
De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.
Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo
Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.
UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.
Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.

