Pengembangan E-LKPD Berbasis PBL Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA

Authors

  • Rafika Nur Hidar Universitas Negeri Surabaya
  • Sifak Indana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p404-413

Keywords:

E-LKPD, Problem Based Learning (PBL), Berpikir kritis, SMA

Abstract

Penelitian pengembangan E-LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi pertumbuhan dan perkembangan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA bertujuan menghasilkan bahan ajar berupa E-LKPD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Pada tahap implementasi dilakukan uji coba terbatas kepada 20 peserta didik kelas XII SMA di Surabaya. Adapun parameter yang digunakan dalam penelitian ini, berupa validitas E-LKPD, kepraktisan E-LKPD berdasarkan aktivitas peserta didik dan respon peserta didik selama penggunaan E-LKPD dalam pembelajaran, serta efektivitas yang ditinjau dari ketuntasan indikator berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada hasil tes. Data yang diperoleh dijelaskan secara deskriptif kuantatif. Validitas E-LKPD memperoleh nilai sebesar 90,64 % dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan E-LKPD berdasarkan aktivitas peserta didik mendapat nilai 3 dengan kriteria cukup dan respon positif peserta didik sebesar 97,14% dengan kriteria sangat praktis. Efektivitas E-LKPD diperoleh melalui ketuntasan indikator berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dalam tes yang memperoleh nilai sebesar 82,9% dan 100% dengan kriteria sangat efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M. A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Al Ibtida': Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 14-28.

Azrai, E. P., Wulaningsih, R. D., & Sumiyati, U. K. (2020). Kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa SMA di Jakarta Timur. Edusains, 12(1), 89-97.

Facione, Peter A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment.

Fauzia, H.A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary, 7(1), 40 – 47.

Febriarti, F. D., & Rahayu, Y. S. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 775-784.

Fitria, A., & Darmawan, H. (2020). Pengaruh penggunaan bahasa yang mudah dipahami dalam E-LKPD terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 15(1), 75-82.

Habsy, B. A., Christian, J. S., & Unaisah, U. (2024). Memahami Teori Pembelajaran Kognitif dan Konstruktivisme serta Penerapannya. Tsaqofah, 4(1), 308-325.

Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. 1–37. Tersedia pada http://kurikulum. kemdikbud. go. id/wp-content/uploads/2022/07, 2.

Kurnia, U., Rifai, H., & Nurhayati, N. (2015). Efektivitas Penggunaan Gambar Pada Brosur dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMAN 5 Padang. Pillar of Physics Education, 6(2).

Nisak, N. Z. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Biologi untuk Siswa SMA Ditinjau dari Tingkat Kesulitan Materi, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, dan Keaktifan Belajar Siswa. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(2), 128-133.

Puling, H., Manilang, E., & Lawalata, M. (2024). Logika dan Berpikir Kritis: Hubungan dan Dampak Dalam Pengambilan Keputusan. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat, 2(2), 164-173.

Safitri, O. N. (2022). Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer. me pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 86–97.

Selvia, S., Putra, A. P., & Halang, B. (2024). Penerapan e-LKPD berbasis Quizizz pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan melalui model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Journal of Bio-Creaducation, 1(2), 47-55.

Shakeel, S. I., Al Mamun, M. A., & Haolader, M. F. A. (2022). Instructional design with ADDIE and rapid prototyping for blended learning: validation and its acceptance in the context of TVET Bangladesh. Education and information technologies, 1–30. Advance online publication. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11471-0

Susilawati, E., Agustinasari, Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 11-16.

Trianto, D. (2018). Pembelajaran Aktif dan Kreatif di Kelas. Yogyakarta: Kencana.

Umami, R., Madlazim, M., & Indana, S. (2023). Profile of student’s critical thinking skills and the effectiveness of problem-based learning models assisted by digital worksheet in science learning on motion and force materials. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 4(4), 481-496.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Wahyuningtyas, R. S. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Biologi Di Luar Kelas Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 75-82.

Wati, R. T., & Yuliani, Y. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Submateri Transpor Membran untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 340-349.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model pembelajaran problem based learning (PBL): Efeknya terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399-408.

Zahro, R., & Pratiwi, Faninda Novika. (2021) Analisis Komparasi Keterampilan Inferensi Peserta Didik Ditinjau dari Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 23-33.

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 410 , PDF Downloads: 20

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.