Pengembangan Media Growed Card Berbasis Double Loop Problem Solving (DLPS) pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa

Authors

  • Devinta Agustina Universitas Negeri Surabaya
  • Winarsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p440-453

Keywords:

Media Pembelajaran, Growed Card, Double Loop Problem Solving, Perubahan Lingkungan, Berpikir Tingkat Tinggi

Abstract

Dalam kerangka Kurikulum Merdeka, keterampilan berpikir tingkat tinggi sangat penting untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan abad 21. Salah satu pembelajaran yang perlu dilatihkan pada peserta didik adalah pembelajaran berasis masalah, yang berkaitan dengan materi Perubahan Lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa permainan kartu yang diberi nama Growed Card berbasis Double Loop Problem Solving (DLPS) pada materi Perubahan Lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas X SMA yang layak, dilihat berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model 4D (Define, Design, Develop¸Disseminate) dengan uji coba terbatas yang dilakukan pada 20 peserta didik kelas X SMA di SMA Labschool Unesa 1. Analisis data yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Aspek kevalidan dilihat berdasarkan validitas Growed Card, aspek kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan aktivitas dan respon peserta didik, serta aspek keefektifan ditinjau dari ketuntasan hasil belajar dan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Hasil yang diperoleh berdasarkan aspek kevalidan dengan penilaian dari tiga validator memperoleh rata-rata skor sebesar 100% dengan kategori sangat valid. Aspek kepraktisan dengan penilaian dari lima pengamat memperoleh rata-rata skor sebesar 100% dan respon positif peserta didik sebesar 97,67% sehingga termasuk kategori sangat praktis. Aspek keefektifan media pembelajaran dapat dinyatakan sangat efektif dari ketuntasan hasil belajar peserta didik memperoleh rata-rata skor sebesar 84,85% dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,76 kategori peningkatan tinggi dan ketuntasan keterampilan berpikir tingkat tinggi sebesar 89,5% yang termasuk dalam kategori sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

As-Syauqi dan Yuliani. (2023). Pengembangan Media Permainan KARZIM (Kartu Enzim) berbasis Team Games Tournament Untuk Melatihkan Keterampilan Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Siswa SMA. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 12(3), 735-743.

Dewi, R. dan Purnomo, T. (2023). Pengembangan Media Truth And Dare Berbasis Sscs Materi Perubahan Lingkungan Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 12(3), 608-620

‘Ilma, F.Z., Raharjo, dan Khaleyla, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Make A-Match Pada Materi Jaringan Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 11(3), 672-678

Indriani, I. (2021). Analisis Kemampuan Higher Order Thinking Skills (Hots) Mahasiswa Pada Materi Pokok Kerusakan Lingkungan Hidup. Jurnal Pendidikan Dasar & Keguruan, 2(1), 23-29.

Farida, L., Tamam, B., Hadi, W. P., Qomaria, N., dan Yasir, M. (2023). Pengaruh Model Double Loop Problem Solving (DLPS) Dengan Metode Gallery Walk Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Natural Science Educational Research. 6(2), 64-77

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 271 , PDF Downloads: 13

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.