studi kasus perilaku konsumtif pada mahasiswa tata rias

  • ARFIA DIAN AYU PRAYODHA
  • SITI INA SAVIRA

Abstract

Abstrak

Perilaku konsumtif merupakan suatu perilaku pembelian barang atau jasa yang tidak lagi didasarkan pada pertimbangan yang rasional tetapi juga untuk memenuhi keinginan semata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif pada mahasiswa tata rias. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian didapat dengan teknik wawancara semi terstruktur dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan partisipan sebanyak tiga mahasiswa dengan kriteria mahasiswa tata rias perempuan yang telah dipilih melalui angket yang disebar di jurusan tata rias universitas%2 angkatan 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga mahasiswa memiliki kecenderungan perilaku konsumtif yang bervariasi. Terdapat persamaan dan perbedaan yang menunjukkan perilaku konsumtif yang bervariasi. Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif para partisipan juga bervariasi dan terdapat upaya lebih untuk memenuhi perilaku konsumtif pada masing-masing partisipan.

Kata Kunci: Perilaku konsumtif, Mahasiswa

Abstract

Consumptive behavior is a behavior of purchasing goods or services which are no longer based on rational considerations but also to fulfill the desire only. This study aims to determine the behavior of consumers in cosmetology student. This study used a qualitative approach with case study method. The technique used in this research is semi structured interview and analyzed using descriptive analysis. This study uses three students as participant with the criteria of female cosmetology students who have been selected through questionnaires distributed in the%2 university of cosmetology department batch 2014. The results showed that all three students had varying tendencies in consumer behavior. There are similarities and differences that show varying consumer behavior. Factors that influence the consumptive behavior of participants also vary and there are more efforts to fulfill consumptive behavior in each participant.

Keywords: Consumtive behavior, students

Published
2018-07-27
How to Cite
DIAN AYU PRAYODHA, A., & INA SAVIRA, S. (2018). studi kasus perilaku konsumtif pada mahasiswa tata rias. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/24848
Abstract Views: 142
PDF Downloads: 188