HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 22 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v6i1.26983Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XI SMA Negeri 22 Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 178 siswa yang dipilah menggunakan teknik random sampling. Pengambilan data menggunakan skala regulasi emosi dan skala pengambilan keputusan karir yang menggunakan skala likert dengan rentang skor 1-4. Uji validitas menggunakan korelasi item total, sedangkan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Reliabilitas skala regulasi emosi sebesar 0,735 sedangkan reliabilitas pada skala pengambilan keputusan karir sebesar 0,742.Uji hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi product moment dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai r sebesar 0,466 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara regulasi emosi dengan pengambilan keputusan karir yang berarti semakin tinggi regulasi emosi maka semakin tinggi tingkat pengambilan keputusan karir dan juga sebaliknya.
Kata Kunci: Regulasi emosi, pengambilan keputusan karir, siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.