Resiliensi Pada Remaja Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga

  • HILYATUL MASLAHAH
  • RIZA NOVIANA KHOIRUNNISA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bentuk dan proses serta faktor yang mempengaruhi resiliensi pada remaja yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga. Fokus dalam penelitian ini yaitu pada remaja yang menjadi korban kekerasan fisik yang dilakukan oleh orangtua kandungnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan studi kasus. Proses pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa wawancara kepada partisipan yang berjumlah sebanyak dua orang. Hasil wawancara dianalisis menggunakan teknik tematik, dengan cara mengelompokkan hasil wawancara dalam sebuah daftar tema yang memiliki keterkaitan pada kasus yang diteliti. Data diuji peneliti menggunakan triangulasi sumber data dan membercheck untuk mengetahui tingkat konsistensi dan keseuaian data yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kemampuan remaja dalam melakukan resiliensi bukanlah suatu hal yang mudah. Remaja yang menjadi korban kekerasan memiliki perbedaan dalam memandang permasalahan yang menimpa dirinya. Kedua remaja yang menjadi patisipan ini memiliki sumber resiliensi yang berbeda walaupun dalam proses melakukannya melalui fase yang hampir sama. Adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak terutama bagi partisipan penelitian supaya dapat memahami resiliensi lebih mendalam dan mengetahui cara untuk menghindari dampak negatif ketika menghadapi suatu kesulitan atau permasalahan berat dalam dirinya.

Kata kunci: Resiliensi, Kekerasan Dalam rumah Tangga, Remaja

Abstract

This study is a qualitative study that aims to determine the forms, the processes, and the factors which affect resilience of adolescents who are victims of domestic violence. The focus in this study is on adolescents who are victims of physical violence committed by their biological parents. The method used in this research is a case study. The data collection process used by the writer is an interview with participants as many as two people. The results of interview are analyzed using thematic techniques, by grouping the results of interview in a list of themes that have relevance to the case under study. The data are analyzed by the writer using triangulation of data sources and membercheck to determine the level of consistency and suitability of the data obtained. The results of this study found that the ability of adolescents to conduct resilience is not an easy thing. The adolescents who are victims of domestic violence have differences to view of the problems that befall them. The two adolescents who participated have different sources of resilience ability even though the process of doing it through almost the same. The existence of this study is expected to provide some benefits for all parties, especially for research participants in order that they can understand a resilience more deeply and know how to avoid negative impacts when facing a difficulty or severe problem in themselves.

Keywords: Resilience, Domestic Violence, Adolescent.

Published
2020-06-02
How to Cite
MASLAHAH, H., & NOVIANA KHOIRUNNISA, R. (2020). Resiliensi Pada Remaja Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/33861
Abstract Views: 526
PDF Downloads: 1035