Hubungan antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif terhadap Produk Fashion pada Mahasiswa

  • NIMATUS SOLICHAH
  • DAMAJANTI KUSUMA DEWI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif terhadap produk fashion pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi, yakni melibatkan seluruh populasi sebagai sampel yang melibatkan 646 mahasiswa fakultas X. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi product moment dengan bantuan SPSS 24.0 for windows. Hasil analisis antara konformitas dengan perilaku konsumtif menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,677 (r=0,667). Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala konformitas dan skala perilaku konsumtif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif terhadap produk fashion pada mahasiswa. Hubungan korelasi diantara keduanya bersifat positif, dimana semakin tinggi konsumtif, maka perilaku konsumtif akan tinggi pula, dan sebaliknya jika konformitas rendah maka perilaku konsumtif akan rendah.

Kata kunci : Konformitas, Perilaku Konsumtif, Produk fashion Mahasiswa.
Published
2019-07-17
How to Cite
SOLICHAH, N., & KUSUMA DEWI, D. (2019). Hubungan antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif terhadap Produk Fashion pada Mahasiswa. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/29215
Section
Articles
Abstract Views: 649
PDF Downloads: 757