PERBEDAAN SENSE OF BELONGINGNESS DITINJAU DARI TAHUN ANGKATAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • LINDA NURIKA LESTARI
  • DAMAJANTI KUSUMA DEWI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sense of belongingness jika ditinjau dari tahun angkatan pada mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif komparatif. Penentuan subjek didasarkan pada populasi penelitian, yakni sebesar 654 mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), dan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Surabaya tahun pertama (angkatan 2019) dan tahun kedua (angkatan 2018). Instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala PSSM (Psychological Sense of School Membership) milik Goodenow (1993) yang telah terlebih dahulu diadaptasi ke Bahasa Indonesia oleh Fadilah, Maslihah, dan Misbach (2018), serta kemudian diadaptasi oleh peneliti untuk setting universitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan sense of belongingness jika ditinjau dari tahun angkatan pada mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Perbedaan tersebut terjadi karena adanya karakteristik yang berbeda pada kedua tahun angkatan. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa perbedaan yang ada pada kedua tahun angkatan tersebut mengarah ke penurunan, yakni tingkat sense of belongingness mahasiswa tahun kedua lebih rendah daripada mahasiswa tahun pertama.

Kata Kunci: sense of belongingness, tahun angkatan, mahasiswa.


Abstract

This study was aimed to determine the difference of sense of belongingness when viewed from the college years at State University of Surabayas students. This research used a comparative quantitative method. Determination of the subject was based on the study population, which was 654 students of the Faculty of Education (FIP), the Faculty of Social Sciences and Law (FISH), and the Faculty of Economic (FE) State University of Surabaya for the freshman (2019) and sophomore (2018). The instrument in this study was used Goodenows (1993) PSSM (Psychological Sense of School Membership) scale which has been first adapted to Indonesian by Fadilah, Maslihah, and Misbach (2018), and then adapted by researchers for university setting. The data analysis technique was used the Independent Sample t-Test. Based on the results of the data analysis, it can be concluded that there was a difference of sense of belongingness when viewed from the college years at State University of Surabaya’s students. The difference was occurred because there were the different characteristics on the both of college years. The results of the data analysis also showed that the differences on the both of college years was toward to a decline, namely the level of sense of belongingness on the second-year students (sophomore) was lower than the first-year students (freshman).

Keywords: sense of belongingness, college years, college student.



Published
2020-05-28
How to Cite
NURIKA LESTARI, L., & KUSUMA DEWI, D. (2020). PERBEDAAN SENSE OF BELONGINGNESS DITINJAU DARI TAHUN ANGKATAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/33696
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 139