Perbedaan Perceived Academic Stress Ditinjau Dari Tahun Angkatan Pada Mahasiswa Fakultas X

  • RISZI IRMA SAFITRI
  • DAMAJANTI KUSUMA DEWI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perceived academic stress jika ditinjau dari tahun angkatan pada Fakultas X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pada salah satu Universitas di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun angkatan kedua (2018) dan tahun ketiga (2017) dengan total populasi 624 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Perceived Academic Stress Scale (PASS). Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara perceived academic stress ditinjau dari tahun angkatan pada mahasiswa Fakultas X. Analisis data yang menggunakan teknik independent sample t-test diperoleh p-value 0,034 (p<0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Perbedaan nilai tersebut memberi asumsi bahwa mahasiswa tahun kedua memiliki tingkat perceived academic stress lebih tinggi dari pada mahasiswa tahun ketiga. Hasil hipotesis juga dapat diperkuat dengan melihat perbandingan nilai rata – rata mahasiswa tahun kedua yang lebih tinggi dari mahasiswa tahun ketiga (49,13>48,29).
Published
2020-06-02
How to Cite
IRMA SAFITRI, R., & KUSUMA DEWI, D. (2020). Perbedaan Perceived Academic Stress Ditinjau Dari Tahun Angkatan Pada Mahasiswa Fakultas X. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/33859
Abstract Views: 182
PDF Downloads: 185