PERBEDAAN PERCEIVED ACADEMIC STRESS DITINJAU DARI TAHUN ANGKATAN KEDUA DAN KETIGA PADA MAHASISWA FAKULTAS X DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v7i3.34460Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perceived academic stress yang ditinjau dari tahun angkatan kedua dan ketiga pada mahasiswa Fakultas X Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif serta merupakan penelitian populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif pada salah satu Fakultas di Universitas Negeri Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun angkatan kedua (2018) dan tahun ketiga (2017) dengan total 568 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah Perceived Academic Stress Scale (PASS) dari Bedewy dan Gabriel (2015) yang memiliki nilai reliabilitas 0.86. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T-test dengan perolehan skor signifikansi 0.034, nilai tersebut < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perceived academic stress ditinjau dari tahun angkatan kedua dan ketiga pada mahasiswa Fakultas X.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

