PERBEDAAN SENSE OF BELONGINGNESS DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v7i2.33695Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sense of belongingness jika ditinjau dari jenis kelamin pada mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif, dimana data yang diperoleh dalam bentuk numerikal diubah menjadi statistik. Penelitian ini melibatkan keseluruhan populasi sebagai sampel, adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) dan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Surabaya angkatan 2019 dengan total 565 orang. Instrumen yang digunakan adalah Psychological Sense of School Membership (PSSM). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan bantuan SPSS 20.0 for windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample t-Test. Hasil Independent Sample t-Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00 (< 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat terdapat perbedaan sense of belongingness ditinjau dari perbedaan jenis kelamin pada mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Sense of belongingness terbukti lebih tinggi pada perempuan dibandingkan laki-laki.Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

