PERBEDAAN PERCEIVED ACADEMIC STRESS DITINJAU DARI TAHUN ANGKATAN PADA MAHASISWA FAKULTAS X UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v7i2.33863Abstract
AbstrakPeneitian ini bertujuan untuk menguji adanya perbedaan perceived academic stress ditinjau dari tahun angkatan pada mahasiswa Fakultas X Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang melibatkan 362 mahasiswa Fakultas X tahun angkatan kedua (2018) dan ketiga (2017). Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan skala yang diadaptasi dari Bedewy dan Gabriel (2015) yaitu Perception of Academic Stress Scale yang terdiri dari 18 aitem. Analisis data statistik yang digunakan adalah independent sampel t-test. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perceived academic stress ditinjau dari tahun angkatan pada mahasiswa Fakultas X Universitas Negeri Surabaya (p=0.00<0.05). Berdasaran hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel tahun angkatan berhubungan dengan perceived academic stress pada mahasiswa. Kata Kunci: perceived academic stress, tahun angkatan, mahasiswa.Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

