Hubungan antara Self-Esteem dengan Konformitas dalam Memilih Kegiatan Kemahasiswaan pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self esteem dengan konformitas dalam memilih kegiatan kemahasiswaan pada mahasiswa FIP Unesa angkatan 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Jumlah subyek penelitian sebanyak 627 mahasiswa yang tersebar di delapan jurusan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Instrumen yang digunakan untuk pengujian pada penelitian adalah skala psikologi yang terdiri dari skala self esteem yang diadopsi dari skala self esteem Rosenberg dan skala konformitas yang diadaptasi dan modifikasi dari skala konformitas Barron, Crutchfield dan Gough. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar –0,706 yang dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang negatif atau berlawanan antara kedua variabel yaitu self esteem dan konformitas. Hubungan yang negatif atau yang berlawanan dapat diartikan apabila self esteem yang dimiliki mahasiswa tinggi maka tingkat konformitas akan menurun dan berlaku sebaliknya. Apabila self esteem yang dimilki mahasiswa rendah maka tingkat konformitas akan meningkat.
Kata kunci : self esteem, konformitas, kegiatan kemahasiswaan dan mahasiswa.
PDF Downloads: 224