PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK

Authors

  • GRESI DWIRETNO
  • WORO SETYARSIH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran Fisika menggunakan model ADI dan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan desain one group pre-test post-test. Subyek penelitian ini terdiri dari 95 peserta didik yang terbagi menjadi 3 kelompok. Metode yang digunakan adalah metode observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran menggunakan rata-rata skor dan analisis tingkatan kemampuan argumentasi ilmiah menggunakan uji t berpasangan dan ANOVA satu arah. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Argument Driven Inquiry (ADI) terlaksana dengan sangat baik. Melalui uji ANOVA satu arah model ADI dapat melatihkan kemampuan argumentasi ilmiah tes maupun kinerja peserta didik hingga mencapai level 3 (rata-rata nilai 77,62) dengan Fhitung = 1,92 pada ? = 0,05.

Kata kunci: Argument Driven Inquiry, kemampuan argumentasi ilmiah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

23-07-2018

How to Cite

DWIRETNO, G., & SETYARSIH, W. (2018). PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/24505

Issue

Section

Articles
Abstract views: 222 , PDF Downloads: 210

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>