KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPEATIVE PROBLEM SOLVING DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA

  • NOVI PUSPITASARI
  • WORO SETYARSIH

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative problem solving. Jenis penelitian yang digunakanadalah deskriptif kuantitatifdengan 1 kelas eksperimen dan 2 kelas replikasi yang dilakukan di SMA Negeri 16 Surabaya. Pengambilan data menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dihitung secara keseluruhan kemudian dikonversikan ke dalam kriteria penilaian keterlaksanaan pembelajaran. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa secara keseluruhan rata-rata setiap tahapan pembelajaran Fisika dengan menggunakan model cooperative problem solving pada ketiga kelas berbeda-beda yakni 3,59 untuk kelas eksperimen, 3,66 untuk kelas replikasi 1, dan 3,79 untuk kelas replikasi 2. Persentase keterlaksanaan pembelajaran cooperative problem solving pada ketiga kelas terlaksana dengan kategori sangat baik. Untuk kelas eksperimen persentase keterlaksanaan pembelajarannya sebesar 95%, kemudian untuk kelas replikasi 1 persentase keterlaksaannya sebesar 95% dan untuk kelas repikasi 2 persentase keterlaksanaannya sebesar 95%.

Kata Kunci :Cooperative Problem Solving, Keterlaksanaan Pembelajaran. Kemampuan

Pemecahan Masalah

Abstract

The purpose of this study is to describe how the implementation of learning using cooperative problem solving learning models. The type of research used is descriptive quantitative with 1 experimental class and 2 replication classes conducted at 16 SMA Negeri Surabaya. Retrieval of data using research instruments in the form of implementation observation observation sheet. The average score of the implementation of learning is calculated as a whole and then converted into the assessment criteria for the implementation of learning. The results of the analysis that have been conducted show that overall the average of each stage of learning Physics by using cooperative problem solving models in the three different classes namely 3.59 for the experimental class, 3.66 for the replication class 1, and 3.79 for the class replication 2. The percentage of learning implementation cooperative problem solving in all three classes was carried out in a very good category. For the experimental class the percentage of learning implementation is 95%, then for the replication class 1 the percentage of coercion is 95% and for the replication class 2 the percentage of implementation is 95%.

Key words: Cooperative Problem Solving, Implementation of Learning, Problem Solving

Ability.





Published
2019-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 52