Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing tipe Within Solution Posing Pada Pokok Bahasan Dinamika Rotasi dan Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep Siswa di SMAN 1 Tuban
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v2n3.p%25pAbstract
Model pembelajaran problem posing tipe within solution posing menggiring siswa untuk berpikir menyelesaikan masalah dengan cara membuat sub-sub pertanyaan yang relevan dengan pertanyaan yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang telah mereka uraikan. Penelitian ini memfokuskan pada siswa kelas XI SMAN 1 Tuban yang berdasarkan hasil observasi nilai evaluasi rata-rata mencapai 46,5% di bawah KKM 80 artinya tingkat pemahaman konsep masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pencapaian pemahaman konsep siswa kelas pada pokok bahasan dinamika rotasi dengan menerapkan model problem posing tipe within solution posing. Penelitian ini menggunakan true experimental design bentuk randomized pretest-posttest control group design dengan sampel penelitian satu kelas eksperimen (XI IPA 2) dan kelas kontrol (XI IPA 1). Analisis uji normalitas dan homogenitas data pretest menunjukkan semua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis uji-t dua pihak didapatkan thitung sebesar 4,82 dengan ttabel sebesar 2,6. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol karena thitung tidak berada pada -ttabel < thitung < ttabel. Nilai thitung pada uji-t satu pihak sebesar 4,82 dengan ttabel 2,41. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol karena thitung > ttabel. Tingkat pemahaman konsep hasil posttest, menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan yang diperoleh adalah penerapan model pembelajaran Problem Posing tipe Within Solution Posing berpengaruh positif terhadap hasil pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan dinamika rotasi di kelas XI SMA Negeri 1 Tuban terutama pada soal-soal yang bersifat matematis.Kata Kunci: Problem Posing tipe Within Solution Posing, pemahaman konsep.
Abstract
Problem posing solution type within solution posing lead students think to solve the problem by creating a sub-sub questions that are relevant to teachers' statements and answered questions they had described. This research focuses on a class XI student of SMAN 1 Tuban based on the observation that the average evaluation score was 46,5% below 80, it means a low level of understanding the concept. Purpose of this study is to describe the understanding of the concept student achievement on the subject rotational dynamics by applying the model problem posing solution type within solution. This study uses a randomized form of true experimental design pretest posttest control group design with sample an experimental class (XI IPA 2) and a control class (XI IPA 1). Based on the value of pretest all classes are normally and distributed and homogeneous.. Analysis of data posttest used t-test, in two-tailed test obtained tcount is 4.82 with ttable is 2.6. The average of the results in experimental class and control class is different because of -ttable < t <tcount. Analysis with t-test on one hand showed that tcount is 4.82 and the ttable is 2.41. This shows that the average experimental class learning outcomes better than the control class because tcount > ttable. Level of understanding the concept of the posttest, showed a significant difference between the experimental class and the control class. Conclusions obtained by the application of learning model problem posing type within solution posing had positive effect on students' understanding of the concept results on the subject rotational dynamics in class XI SMAN 1 Tuban especially in a matter that is mathematically.
Keywords: Problem Posing type Within Solution Posing, understanding of concept.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2013-11-01
Issue
Section
Articles

