Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Strategi Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik

  • HAIFA AZNINDA
  • WORO SETYARSIH

Abstract

Problem solving merupakan salah satu keterampilan abad-21 yang dianggap penting, dimana seseorang yang kemampuan problem solving diharapkan mampu bersaing dalam segala situasi baru yang akan ditemui kedepannya. Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang memiliki karakteristik menjadikan peserta didik mandiri (self regulated) dalam kegiatan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan problem solving peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning menggunakan strategi self regulated learning. Metode penelitian ini berupa metode pre eksperimen dengan one group pre test post test design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMAN 3 Jombang kelas X MIA tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 2 kelas sebagai kelas eksperimen. Kedua kelas eksperimen diberi perlakuan yang sama yaitu diterapkannya model pembelajaran PBL menggunakan strategi SRL. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan problem solving terdiri dari soal uraian dengan pendekatan masalah yang autentik dan kontekstual. Data yang diperoleh adalah hasil pre test dan post test yang dianalisis dengan uji n-gain dan uji-t berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan problem solving peserta didik meingkat secara signifikan dengan n-gain score masing-masing sebesar 0,50 dan 0,61.

Kata Kunci: Problem Based Learning, self regulated, problem solving.
Published
2018-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 119
PDF Downloads: 106