Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ‎Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Maospati

Authors

  • Herman Aldila
  • Madewi Mulyanratna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara metode pemberian tugas terstruktur terhadap hasil belajar siswa. Metode pemberian tugas terstruktur merupakan metode dimana guru memberikan penugasan yang waktunya telah ditentukan oleh guru dan guru membahas tuntas tugas tersebut secara klasikal. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI dan sample dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 di SMA Negeri 1 Maospati. Desain penelitian yang digunakan adalah The One Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil penelitan dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi didapatkan koefisien korelasi dan persamaan regresi untuk masing-masing ranah hasil belajar siswa yaitu ranah kognitif dengan koefisien korelasi sebesar 0,798 dengan persamaan regresi Yˆ=21,134+0,904X, ranah psikomotor dengan koefisien korelasi sebesar 0,791 dengan persamaan regresi Yˆ=24,048+0,798X, dan ranah afektif dengan koefisien korelasi sebesar 0,783 dengan persamaan regresi Yˆ=24,931+0,767X. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa, metode pemberian tugas terstruktur terhadap hasil belajar siswa memiliki pengaruh yang positip dan korelasi yang kuat. Hal ini menandakan bahwa perubahan dari penerapan metode pemberian tugas terstruktur berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-06-2013

How to Cite

Aldila, H., & Mulyanratna, M. (2013). Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ‎Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Maospati. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2), 49–54. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3005
Abstract views: 48 , PDF Downloads: 69