Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan ‎Permainan Physics Squares Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Bunyi Kelas VIII ‎SMP Negeri 6 Surabaya

Authors

  • Tinus Prihastuti
  • Madewi Mulyanratna

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru fisika di SMP Negeri 6 Surabaya diketahui bahwa di sekolah tersebut ada beberapa siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran dan beberapa siswa yang memiliki nilai di bawah KKM, sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran fisika agar hasil belajar siswa lebih maksimal. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan physics squares. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan physics squares terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan physics squares pada materi pokok bunyi. Jenis penelitian ini adalah pra experimental design. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 6 Surabaya kelas VIII dengan sampel penelitian terdiri atas satu kelas eksperimen (VIII-E). Dari analisis uji normalitas dan homogenitas didapatkan semua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari permainan physics squares diperoleh poin rata-rata siswa pada permainan tersebut dan dari post-test diperoleh hasil belajar siswa. Kemudian untuk menentukan hubungan antara poin rata-rata siswa pada permainan physics squares dengan hasil belajar siswa digunakan analisis korelas, sehingga diperoleh koefisien determinasi sebesar 44,3%. Sedangkan dari analisis angket diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan physics squares mendapat respon positif dari siswa. Dari analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan physics squares berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok bunyi di kelas VIII SMP Negeri 6 Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-04-2025

How to Cite

Prihastuti, T., & Mulyanratna, M. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan ‎Permainan Physics Squares Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Bunyi Kelas VIII ‎SMP Negeri 6 Surabaya. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 1(2), 8–14. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/808
Abstract views: 30 , PDF Downloads: 50