PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI ALAT OPTIK
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v2n3.p%25pAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa kelas VIII SMPN 32 Surabaya sulit memahami dan mengingat materi dalam jangka panjang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quantitative experimental dengan desain Pretest Posttest Control Group design yang bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar dan respon siswa melalui penerapan strategi index card match dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Strategi pembelajaran index card match diterapkan pada tahap evaluasi dengan memberikan kartu soal dan kartu jawaban. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 32 Surabaya. Penelitian dimulai dengan memberikan pretest, selanjutnya dilakukan treatment pada kelas kontrol kemudian dilakukan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan strategi index card match dalam model pembelajaran koopertaif tipe STAD mendapat nilai 3,317 dengan kategori baik. Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dengan thitung kelas eksperimen berturut-turut sebesar 4,34 dan 3,99 dari ttabel 1,67. Respons siswa terhadap penerapan strategi index card match sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil di atas, peneliti menyarankan untuk mengelola suasana kelas dengan baik agar seluruh soal yang disampaikan melalui strategi index card match dapat dipahami oleh siswa.Kata Kunci: strategi index card match, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar siswa
Abstract
This research was backed that student in 8th SMPN 32 Surabaya couldnot understand and remember the lesson in long memory. This experimental research use one group pretest-posttest design that is held to describe the feasibility of learning, learning results and student response through the implementation of index card match strategy in STAD cooperative learning. Index card match strategy applied in evaluating phase by giving question cards and answer cards. Population of this research is VIII grade students of SMP 32 Surabaya. The study began by giving a pretest, then applied the treatment on control class, and then at the last is giving posttest. The results showed that the enforceability of the index card match strategy in STAD cooperative learning had scored 3,317 by very good category. Learning results of experimental class better than control class with experimental class trespectively higher from ttable. Student's response to the implementation of the index card match strategy by 88% with very good category. Based on the above results, researchers suggested to properly manage a classroom atmosphere that all questions submitted via index cards match strategies can be understood by students.
Keywords: Index card match strategy, STAD cooperative learning, and learning results
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2013-11-01
Issue
Section
Articles

