Penerapan Teknik Catatan Tulis dan Susun dalam Pembelajaran Quantum Teaching pada Materi ‎Pokok Bunyi di SMP Negeri 1 Mojokerto

Authors

  • Retno Wandhira
  • Madewi Mulyanratna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik Catatan Tulis dan Susun (TS) dalam pembelajaran Quantum Teaching pada materi pokok Bunyi dan mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan teknik Catatan: TS dalam pembelajaran Quantum Teaching pada materi pokok Bunyi di SMP Negeri 1 Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design yang dilakukan di SMP Negeri 1 Mojokerto dengan subyek penelitian kelas VIII C dan VIII E. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Desain Prates-Pascates Kelompok Acak. Penelitian dilakukan dengan mengadakan pretest pada awal pertemuan, kemudian memberikan pembelajaran menggunakan Quantum Teaching dengan teknik Catatan: TS. Pada pertemuan terakhir diadakan posttest untuk mengukur nilai kognitif sebagai hasil belajar siswa. Dari analisis data hasil penelitian, didapatkan penerapan teknik Catatan: TS dalam pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok Bunyi yang ditunjukkan oleh rata-rata nilai kognitif kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata nilai kognitif kelas kontrol yang diajarkan menggunakan pembelajaran yang biasa digunakan di SMP Negeri 1 Mojokerto dengan taraf signifikan 0,05 atau taraf kepercayaan 95% dan respons siswa kelas VIII C terhadap penerapan teknik Catatan: TS dalam pembelajaran Quantum Teaching berkriteria baik sekali dengan ratarata persentase respons siswa sebesar 83%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-04-2025

How to Cite

Wandhira, R., & Mulyanratna, M. (2025). Penerapan Teknik Catatan Tulis dan Susun dalam Pembelajaran Quantum Teaching pada Materi ‎Pokok Bunyi di SMP Negeri 1 Mojokerto. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1), 254–262. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/389

Issue

Section

Articles
Abstract views: 36 , PDF Downloads: 245